Home / Berita / Yessy Supervisi KPU Kotamobagu

Yessy Supervisi KPU Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Sebagaimana sudah diagendakan sebelumnya, KPU Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melakukan supervisi ke KPU Kota Kotamobagu, Selasa (18/06/19).
Kepada para komisioner dan Sekretaris KPU Kota Kotamobagu, Yessy Momongan, Komisioner KPU Sulut yang juga Koordinator Wilayah (Korwil) Kota Kotamobagu sekaligus Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KPU Sulut, pada kesempatan itu menggali informasi terkait agenda kerja yang sedang dihadapi oleh KPU Kota Kotamobagu.
Pembahasan awal terkait dengan pergantian antar waktu (PAW) anggota DPRD Kota Kotamobagu disisa Periode 2014-2019 dari Partai Amanat nasional (PAN) Kota Kotamobagu. Sebagaimana diketahui, proses dan tahapan PAW PAN kini menyisakan satu kursi dari lima kursi yang kosong ditinggalkan anggota legislatifnya yang pindah partai. Ini lantaran calon pengganti dari Dapil Kotamobagu Barat atas nama Nurhija Kadengkang melakukan proses hukum ke Mahkamah Agung (MA) setelah sebelumnya di Pengadilan Negeri (PN) Kotamobagu gugatannya ditolak.
Bahasan berikutnya adalah terkait dengan Surat Edaran (SE) Nomor 901 Tahun 2019 perihal publikasi Situng untuk lima pemilihan Pemilu Tahun 2019. “Untuk pemilihan presiden dan wakil presiden (PPWP) yang bersumber dari formulir C1 KPU Kota Kotamobagu cukup diapresiasi karena berhasil menuntaskan 100 persen. Sekarang tinggal empat pemilihan dari beberapa dokumen yakni pemilihan DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Kotamobagu yang bersumber dari formulir DAA1.KPU, DA1.KPU dan DB1.KPU,” kata Yessy.
Bahasan terakhir pada supervise tersebut terkait dengan Perselisihan Hasil Pemilu (PHPU), khususnya untuk pemilihan legislaif (Pileg). Di Pemilu Tahun 2019 ini KPU Kota Kotamobagu menjadi turut terlapor dengan pelapor dari Partai Demokrat dan PAN di Mahkamah Konstitusi (MK). Untuk itu Yessy mengingatkan kepada KPU Kota Kotamobagu untuk memahami dulu apa materi yang disampaikan pemohon, baru kemudian bikin kronologisnya sedetail-detail mungkin.
Dalam supervisi tersebut Yessy Momongan juga memberikan pemahaman dan data-data serta peraturan-peraturan yang berkaitan dengan teknis pelaksanaan dalam menghadapi proses-proses gugatan maupun proses PAW PAN.
Hadir di Supervisi tersebut lima komisioner KPU Kota Kotamobagu; Iwan Manoppo (Ketua), Asep Sabar, Yokman Muhaling, Zulkifli Kadengkang, Adrian Herdi Dayoh, dan Sekretaris; Frans Manoppo. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

Siapkan LHKPN

KOTAMOBAGU – Meskipun belum ada penetapan calon terpilih DPRD Kota Kotamobagu Periode 2019-2014, KPU Kota …