Home / Berita / TPS Pemilu Harus Aksesibilitas

TPS Pemilu Harus Aksesibilitas

MANADO – Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 2019 sebaiknya aksesibilitas dan tidak rentan jadi persoalan dikemudian hari.
Penegasan tersebut disampaikan Yessy Momongan saat memberikan materi Bimtek Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Surat Suara Pemilu 2019 di Hotel Swissbel Manado, Sabtu (23/02/19).
Yang dimaksud aksesibilitas, kata Yessy, harus memberikan kemudahan bagi pemilih disabilitas untuk melaksanakan hak politiknya.
“Contohnya jalan masuk ke TPS kalau bisa jangan bertangga karena akan menyulitkan pemilih disabilitas yang menggunakan kursi roda. Termasuk tidak tinggi rumputnya kalau TPS di lapangan.”
Selain aksesibilitas, Yessy juga mengingatkan kepada para peserta bimtek yang terdiri dari Ketua Divisi Teknis, Kasubag dan Operator Teknis KPU Kabupaten/Kota se-Sulut mengingatkan soal letak TPS jangan sampai bermasalah dikemudian hari.
“Pengalaman di pemilu sebelum-sebelumnya ada TPS yang terletak di halaman rumah yang kemudian hari ternyata adalah milik calon atau ada afiliasi dengan partai politik tertentu.”
Yang menjadi penekanan KPU Sulut, sebagaimana disampaikan Asep Sabar, Kadiv Teknis KPU Kota Kotamobagu yang menjadi peserta Bimtek, adalah pelarangan pemilih membawa handphone dan sejenisnya ke TPS.
“Jadi nanti disediakan tempat penitipan handphone di pintu masuk, sehingga ketika pemilih memasuki TPS sudah tanpa handphone,” pungkas Asep. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

Sosialisasi Melalui Lomba Tobelo

KOTAMOBAGU – Banyak cara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu melakukan sosialisasi dan membumikan Pemilu …