Home / Berita / Terimakasih Parpol

Terimakasih Parpol

KOTAMOBAGU – Berita salah satu media online www.abadikini.com yang bertajuk “Sejumlah Pimpinan Parpol di Kotamobagu Tuntut Komisioner KPU Provinsi Minta Maaf” mendapat tanggapan langsung dari Yessy Momongan, Komisioner yang juga Koordinator Wilayah sekaligus Ketua Divisi Teknis KPU Provinsi Sulawesi Utara.
Menurut Yessy, pertanyaan yang disampaikannya ke para saksi partai politik (parpol) saat simulasi tersebut tidak bermaksud lain, apalagi menghina saksi partai politik dimaksud, tidak sama sekali.
“Justru kami mengucapkan terimakasih kepada para saksi partai politik sudah berkenan hadir dan bersedia berperan sebagai saksi partai buah-buahan sebagaimana surat suara yang digunakan dalam simulasi,” kata Yessy, Senin (25/03/19).
Karena sebagaimana diketahui, dalam Simulasi Pemilu 2019 untuk peserta pemilunya memang sengaja disamarkan menjadi partai buah-buahan; ada partai nangka, partai durian, partai mangga dan sebagainya. “Kami mengapresiasi kepada seluruh partai politik di Kota Kotamobagu yang begitu antusias dan peduli dengan pelaksanaan simulasi di TPS 9 Matali Sabtu (23/03/19) kemarin.”
Jadi, meski sifatnya hanya simulasi, saksi dan pengawas TPS yang hadir dalam simulasi diberikan kewenangan penuh sebagaimana halnya pemungutan dan penghitungan suara sesungguhnya. “Semua yang terlibat dalam TPS punya peran masing-masing, termasuk saksi partai politik yang berperan sebagai saksi dalam hal ini partai buah-buahan.”
Terkait dengan pertanyaan “apakah pimpinan partai politik yang hadir di simulasi asli atau palsu?” Menurut Yessy kita harus pahami dulu bahwa simulasi itu artinya tiruan. Termasuk dengan seluruh peran yang ada di TPS simulasi, termasuk KPPS karena memang sampai sekarang belum ada KPPS Pemilu 2019.
“Jadi sama sekali tidak bermaksud menghina sebagaimana keberatan PDI Perjuangan dan PBB.”
Yessy berharap mudah-mudahan kerjasama yang baik dan sudah terjalin antara KPU Kota Kotamobagu dan jajarannya dibawah; PPK dan PPS, seperti itu, bisa menjadi awal yang baik ke depan. “Kami memberikan nilai sangat baik kepada KPU Kota Kotamobagu dan seluruh jajarannya, bahkan sampai KPPS dan Relawan Demokrasi atas pelaksanaan simulasi kemarin. Simulasi merupakan bagian dari evaluasi dan pembelajaran akan pentingnya arti berkoordinasi dengan semua kalangan, termasuk pengawas TPS, khususnya ada saat pemungutan dan penghitungan suara Pemilu Serentak 17 April 2019 mendatang.” (***)

About Admin KPU KK

Check Also

Empat TPS Direkom PSU

KOTAMOBAGU – Empat tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di wilayah Kecamatan Kotamobagu Barat, Kota …