Home / Berita / Sosialisasi Melalui Lomba Tobelo

Sosialisasi Melalui Lomba Tobelo

KOTAMOBAGU – Banyak cara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu melakukan sosialisasi dan membumikan Pemilu Serentak Tahun 2019 kepada masyarakat, diantaranya dengan Gelar Pentas Seni Demokrasi “Lomba Goyang Tobelo”, Jumat-Sabtu (08-09/03/19).
Seni tari paduan jumba dengan gaya milenial yang dibungkus pendidikan pemilih kepada para khalayak yang hadir itu benar-benar mendapat respon positif dari ratusan warga. Komisioner KPU Kota Kotamobagu Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat; Zulkifli Kadengkang mengungkapkan bahwa sosialisasi tersebut digelar untuk mengenalkan pemilu yang kali ini digelar bersamaan antara pimpres dengan pileg; pemilihan presiden dan pemilihan, anggota DPR RI, anggota DPD, anggota DPRD provinsi dan anggota DPRD Kota Kotamobagu yang puncaknya akan dilaksanakan pada Rabu 17 April 2019 mendatang.
Selain itu khalayak yang hadir juga diajak untuk menggunakan hak pilihnya dan menghindari golongan putih (gokput). “Kita harus memilih pemimpin, baik itu presiden-wakil presiden maupun anggota legislatif untuk lima tahun mendatang,” kata Zulkifli.
Lewat pementasan kesenian seperti ini, tambah Iwan Manoppo, Ketua KPU Kota Kotamobagu, pihaknya bisa lebih luwes dalam menyampaikan pesan-pesan sosialisasi terkait pelaksanaan pemilu. “Cara seperti ini dipandang lebih efektif, karena warga yang datang selain untuk mendukung timnya yang ikut lomba, juga dimanfaatkan dengan penyampaian materi pemilu.”
Cara-cara sosialisasi seperti itu juga, menurut Asep Sabar, Ketua Divisi Teknis KPU Kota Kotamobagu, diharapkan bisa mengena, terutama dalam upaya KPU Kota Kotamobagu meningkatkan angka partisipasi masyarakat pada Pemilu Tahun 2019.
“Karena itu tak henti-hentinya KPU Kota Kotamobagu untuk terus menyebarluaskan mengenai tahapan, jadwal dan program pemilihan serta meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang hak dan kewajibannya dalam pemilihan, maupun meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu.
Sementara itu, diajang lomba Tobelo, Tim “Ponakodan” Kelurahan Biga tampil sebagai Juara I, diikuti Tim Persit KODIM 1303 Kotamobagu sebagai Juara II dan Tim Bhayangkari Polres Kotamobagu sebagai Juara III. Selain mendapat trophy, mereka juga mendapatkan uang pembinaan dari KPU Kota Kotamobagu.
Yang menarik, ternyata ajang ini tidak hanya diikuti oleh tim-tim dari kelurahan/desa se-Kota Kotamobagu saja, tapi juga dari Kabupaten Bolaang Mongondow. Tak tanggung-tanggung Tim “Brakocah” dari Desa Ikhwan, Kecamatan Dumoga Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow, tampil sebagai Tim Favorit atau Juara IV.
Di ajang lomba Tobelo yang digelar selama dua hari ini juga diikuti beberapa partai politik, diantaranya; PDI Perjuangan, Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Kotamobagu. Sayang, mereka tidak meraih juara. Tim “Banteng dari Timur” dari PDI Perjuangan sempat masuk tujuh besar dan tampil sebagai salah satu finalis. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

Siapkan LHKPN

KOTAMOBAGU – Meskipun belum ada penetapan calon terpilih DPRD Kota Kotamobagu Periode 2019-2014, KPU Kota …