Home / Berita / Sortir dan Pelipatan SS Pemilu Dimulai

Sortir dan Pelipatan SS Pemilu Dimulai

KOTAMOBAGU – Pelipatan dan sortir surat suara (SS) Pemilu Tahun 2019 dimulai, disaksikan langsung oleh personil Bawaslu Kota Kotamobagu dan aparat keamanan dari Polres Kotamobagu, Rabu (07/03/19).
Menurut Iwan Manoppo, Ketua KPU Kota Kotamobagu yang saat peresmian penyortiran dan pelipatan SS didampingi tiga komisioner lainnya; Asep Sabar, Herdy Dayoh dan Zulkifli Kadengkang, mengatakan bahwa tahapan ini menjadi fokus dan perhatian tersendiri bagi KPU Kota Kotamobagu, karena kesalahan sedikit saja bias berdampak pada hasil Pemilu mendatang.
“Kami melibatkan semua elemen mulai dari Bawaslu hingga kepolisian untuk sama-sama mengawasi jalannya penyortiran dan pelipatan SS,” kata Iwan.
Pimpinan Bawaslu Kota Kotamobagu, Ivan Tandayu, sempat mengingatkan agar apa yang pernah terjadi di Pemilu 2014, dimana SS sempat tertukar antar tempat pemungutan suara (TPS) tidak terjadi lagi. “Jadi memang harus pengawasan berlapis supaya tidak salah lagi.”
Kegiatan penyortiran dan pelipatan SS Pemilu 2019 ini diawali dengan pembukaan kardus yang berisi SS oleh Komisioner KPU Kota Kotamobagu disaksikan Pimpinan Bawaslu dan kepolisian. mengawali kegiatan Asep Sabar, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang membidangi teknis sempat memperagakan cara-cara pelipatan yang benar kepada para petugas yang sejak pagi sudah hadir di kantor KPU Kota Kotamobagu.
“Sebelum dilipat tolong diperiksa dulu kondisi SS, mulai dari gambar, kolom-kolom, maupun nama calon untuk semua pemilu, mulai dari pilpres sampai pada pileg. Jika ada hal yang meragukan langsung disampaikan ke pengawas atau KPU Kota Kotamobagu. Hindari jangan sampai ada yang dengan sengaja merusak, ini akan berdampak hukum bagi pelakunya,” pungkas Asep, diiyakan komisioner lainnya; Iwan Manoppo, Herdy Dayoh, Zulkifli Kadengkang serta Frans T. Manoppo, Sekretaris KPU Kota Kotamobagu. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

Empat Calih Belum Masukkan LHKPN

KOTAMOBAGU – Hingga pukul 10.00 wita Rabu (14/08/19) pagi ini, tercatat baru 21 orang calon …