Home / Berita / Situng Pemilu 2019 Diuji Coba

Situng Pemilu 2019 Diuji Coba

KOTAMOBAGU – Sebanyak 82 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Kotamobagu akan dijadikan obyek simulasi atau ujicoba situng (sistem informasi penghitungan) Pemilu Serentak Tahun 2019.
“Kenapa hanya 82 TPS? Karena diaturan KPU RI sudah ditetapkan bahwa untuk simulasi hanya dilakukan terhadap 25 persen dari total jumlah TPS yang ada di daerah,” kata Asep Sabar, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang membidangi Teknis dan Penyelenggara di kantornya, Rabu (20/03/19).
Sebagaimana diketahui, Situng itu sendiri terdiri dari berberapa aplikasi yaitu Situng Entri, Situng Pindai, Situng Web dan Situng Agregator yang kesemuanya bekerja saling terkait untuk melaporkan hasil penghitungan suara di TPS melalui website kepada masyarakat umum.
“Karenanya, pelaksanaan simulasi atau ujicoba bertujuan untuk mengukur kesiapan aplikasi Situng dan juga menghitung estimasi lama waktu pengerjaan tahapan yang diperlukan dalam aplikasi serta menemukan kendala-kendala yang terkait di dalamnya,” jelas Asep.
Dalam ujicoba hari ini, KPU Kota Kotamobagu diperintahkan untuk mengisi Formulir Model C dan C1 untuk 82 TPS, Model DAA1, dan DA1, yang kesemuanya melalui proses entri, pindai (scan) dan diunggah (upload) ke website KPU RI. Keseluruhan proses ujicoba diharapkan tidak menemui kendala sehingga dapat diselesaikan dengan baik.
Simulasi Situng yang digelar secara serentak nasional kali ini dijadwalkan hanya Rabu (20/3/2019) ini dan terpusat di kantor KPU Kota Kotamobagu. Simulasi Situng ini kata Asep, bermanfaat untuk ujicoba kesiapan KPU Kota Kotamobagu dalam menghadapi hari H proses pemungutan suara Pemilu 2019.
“Formulir C1 akan di-upload dan hasilnya akan dimasukkan ke dalam portal melalui aplikasi situng nantinya. Kami (KPU Kota Kotamobagu, red) juga akan mengukur dan memastikan dalam menghadapi proses pemungutan suara pemilu 2019 sudah sangat matang. Apalagi perangkat pendukung dan beberapa fasilitas berupa jaringan internet sudah sejak lama terpasang di kantor KPU Kota Kotamobagu.” Selain itu, tambah Asep, juga sudah disiapkan operator penginputan hasil pemungutan suara. ”Manfaat utama dari ujicoba Situng hari ini adalah dalam rangka mengecek kesediaan serta kesiapan teknis sejumlah perangkat yang akan digunakan.”
Para operator Situng yang akan melakukan simulasi kali ini; Eric Sugeha (Koordinator), Yusril Kobandaha, Moh. Nasir Malah dan Acep Mokoagow, dengan pendampingan langsung dari Ketua Divisi Teknis KPU Kota Kotamobagu; Asep Sabar. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

Pemenang Pilpres 2019 Ditetapkan

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi menetapkan Calon Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) …