Home / Berita / Siapkan LHKPN

Siapkan LHKPN

KOTAMOBAGU – Meskipun belum ada penetapan calon terpilih DPRD Kota Kotamobagu Periode 2019-2014, KPU Kota Kotamobagu kembali mengingatkan partai politik peserta Pemilu 2019, untuk segera memasukkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat negara (LHKPN) para caleg-nya.
“Mumpung masih ada waktu, segera disiapkan segala sesuatunya terkait LHKPN,” kata Asep Sabar, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang membidangi Teknis dan Penyelenggara di kantornya, Senin (05/08/19).
Menurut Asep, regulasi sudah menegaskan bahwa calon terpilih bisa ditunda pelantikannya bila tidak memasukkan LHKPN dalam waktu tujuh hari setelah ditetapkan oleh KPU Kota Kotamobagu.
“PKPU Nomor 5/2019 tegas menyatakan bahwa calon terpilih wajib melaporkan harta kekayaan kepada instansi yang berwenang memeriksa laporan harta kekayaan penyelenggara negara, dalam hal ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).”
Lanjut Asep, tanda terima pelaporan harga kekayaan dimaksud sudah harus masuk ke KPU Kota Kotamobagu paling lambat tujuh hari setelah diterbitkannya Keputusan KPU Kota Kotamobagu tentang penetapan calon terpilih anggota DPRD Kota Kotamobagu.
“Dalam hal calon terpilih anggota DPRD Kota Kotamobagu tidak menyerahkan bukti tanda terima tersebut, kata PKPU 5/2019, KPU Kota Kotamobagu tidak akan mencantumkan nama si calon terpilih dalam pengajuan nama calon terpilih yang akan dilantik kepada Gubernur dalam hal ini Walikota Kota Kotamobagu. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

Optimis Sempurnakan Sidakam

MANADO – Kurang lebih sebelas hari lagi tahap akhir Pemilu 2019 berakhir dengan dilantiknya Presiden …