Home / Berita / Sempat Ditunda, Buka Kotak Terlaksana

Sempat Ditunda, Buka Kotak Terlaksana

KOTAMOBAGU – Sempat tertunda sehari dari jadwal semula Jumat (07/06/19) kemarin, pembukaan kotak dalam rangka pengumpulan dokumen alat bukti (DAB) perselisihan hasil pemilu (PHPU) Tahun 2019, dilaksanakan Sabtu (08/06/19) siang.
“Penundaan kemarin karena memang pihak Bawaslu Kota Kotamobagu meminta waktu untuk berkonsultasi secara berjenjang, baik ke Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara maupun Bawaslu RI,” kata Herdi Dayoh, komisioner yang juga Kadiv Hukum KPU Kota Kotamobagu di kantornya, hari ini.
Menurut Herdi, sebagaimana sudah disampaikan diberitakan sebelumnya bahwa pembukaan kotak dimaksud terkait dengan pengumpulan DAB PHPU. Bahkan KPU RI lewat suratnya Nomor 877 tertanggal 26 Mei 2019 sudah menegaskan kepada semua jajaran KPU hingga ke bawah, diminta untuk mempersiapkan segala sesuatunya terkait dengan DAB, termasuk kronologis beberapa tahapan Pemilu Tahun 2019.
“Meski KPU Kota Kotamobagu tidak secara langsung menjadi termohon, namun karena yang digugat adalah KPU Provinsi Sulawesi Utara, maka kami (KPU Kota Kotamobagu, red) secara berjenjang wajib mengumpulkan dan mempersiapkan DAB-nya.”
Pada pembukaan kotak ini KPU Kota Kotamobagu menghadirkan Tim Pasangan calon presiden wakil presiden nomor urut 01 dan nomor urut 02, minus Bawaslu Kota Kotamobagu.
“Bahkan kami juga mengundang pihak Polres Kotamobagu dan saksi-saksi partai politik lainnya,” pungkas Herdi diiyakan Asep Sabar, komisioner sekaligus Kadiv Teknis Penyelenggara KPU Kota Kotamobagu. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

Siapkan LHKPN

KOTAMOBAGU – Meskipun belum ada penetapan calon terpilih DPRD Kota Kotamobagu Periode 2019-2014, KPU Kota …