Home / Berita / Segera Masukkan LHKPN

Segera Masukkan LHKPN

KOTAMOBAGU – Calon anggota legislatif (caleg) yang dipastikan terpilih pada Pemilu 2019 diwajibkan untuk segera memasukkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu.
Penegasan tersebut disampaikan Asep Sabar, anggota KPU Kota Kotamobagu yang membidangi Teknis dan Penyelenggara di kantornya, Sabtu (25/05/19). Menurut dia, terkait pemasukan LHKPN ini sebenarnya sudah disampaikan sejak tahapan pencalonan, sebagaimana PKPU Nomor 21 Tahun 2018.
“Bahkan KPU RI lewat surat Nomor 871 Tahun 2019 tertanggal 24 Mei 2019 juga sudah menegaskan kembali soal LHKPN tersebut. Menurut KPU RI calon terpilih DPR, DPD dan DPRD, termasuk calon anggota DPRD Kota Kotamobagu wajib melaporkan harta kekayaan kepada instansi yang berwenang memeriksa laporan harta kekayaan penyelenggara negara, dalam hal ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).”
Bukti atau tanda terima pelaporan harta kekayaan dimaksud, lanjut Asep, wajib disampaikan ke KPU Kota Kotamobagu paling lambat tujuh hari setelah diterbitkannya Keputusan KPU tentang penetapan calon terpilih KPU Kota Kotamobagu.
“Kami sudah mengirimkan surat ke seluruh partai politik yang ada di Kota Kotamobagu. Mudah-mudahan langsung ditindaklanjuti, terutama partai politik yang para calegnya dipastikan lolos ke DPRD Kota Kotamobagu Periode 2019-2024.” (***)

About Admin KPU KK

Check Also

Empat Calih Belum Masukkan LHKPN

KOTAMOBAGU – Hingga pukul 10.00 wita Rabu (14/08/19) pagi ini, tercatat baru 21 orang calon …