Home / Berita / PSU Ditunda Sabtu, 27 April 2019

PSU Ditunda Sabtu, 27 April 2019

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang untuk lima tempat pemungutan suara (TPS) ditunda hingga Sabtu (27/04/19) mendatang. Informasi ini diperoleh setelah ada pemberitahuan dari KPU Provinsi Sulawesi Utara.
Menurut Asep Sabar, anggota KPU Kota Kotamobagu yang membidangi teknis penyelenggara, sebelumnya memang sudah disepakati PSU dilaksanakan Kamis (25/04/19) tapi setelah adanya instruksi dari KPU Sulut beberapa menit yang lalu, maka pelaksanaannya diundur dua hari, menjadi hari Sabtu (27/04/19).
“Alasan yang disampaikan pihak KPU Sulut adalah terkait dengan kesiapan logistik yang memang diadakan oleh KPU RI. Karena memang untuk surat suara semuanya dicetak dari luar Sulut,” jelas Asep di kantornya, Selasa (23/04/19) malam.
Iwan Manoppo, Ketua KPU Kota Kotamobagu menegaskan pihaknya siap terkait dengan rekomendasi PSU dari pengawas pemilu. “Bahkan sore tadi masuk lagi rekomendasi dari Panwascam Kotamobagu Utara yang merekomendasikan PSU di TPS 1 Kelurahan Upai. Dengan demikian ada lima TPS yang akan melakukan PSU pada Sabtu mendatang.”
Berbeda dengan empat TPS lainnya di Kotamobagu Barat, TPS 1 Upai nantinya akan melakukan pemungutan suara untuk semua jenis pemilihan, mulai dari pemilihan presiden dan wakil presiden (PPWP), DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Kotamobagu.
Ketika ditanya soal kemungkinan akan ada lagi rekomendasi, Iwan mengatakan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan KPU Sulut. “Sebab di Undang Undang Pemilu Nomor 07/2017 jelas bahwa KPU di semua jenjang kami wajib menindaklanjuti rekomendasi badan pengawas, justru kalau tidak melaksanakan kami yang menanggung resiko,” (***)

About Admin KPU KK

Check Also

KPU Kotamobagu Rekap Provinsi

MANADO – KPU Kota Kotamobagu baru saja menuntaskan Pleno Rekapitulasi dan Penghitungan Suara di Tingkat …