Home / Berita / Progress C1 Masih Berjalan

Progress C1 Masih Berjalan

KOTAMOBAGU – Proses scanner C1 Pemilu 2019 di KPU Kota Kotamobagu berjalan belum seperti yang diharapkan.
Selain karena jaringan yang memang sering putus-putus, dokumen C1 yang seharusnya sudah bisa diserahkan ke Tim Situng KPU Kota Kotamobagu setelah rekapitulasi di tingkat tempat pemungutan suara (TPS) selesai, justru terbawa ke dalam kotak suara. Sehingga menyulitkan bagi kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), panitia pemungutan suara (PPS) maupun panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk mengambilnya.
“Benar, untuk membuka kotak itu harus dengan proses dan tidak bisa seenaknya. Harus ada persetujuan semua pihak, pengawas serta saksi-saksi dan ada berita acaranya,” kata Asep Sabar, anggota KPU Kota Kotamobagu yang membidangi teknis penyelenggara di kantornya, Kamis (25/04/19).
Menurut Asep, dari sebagian dokumen C1 beserta lampiran lain yang dimasukkan ke Tim Situng KPU Kota Kotamobagu tidak sedikit yang harus diperbaiki, terutama yang paling banyak adalah tanda tangan atau paraf, baik KPPS maupun saksi. “Bahkan ada lembaran-lembaran lainnya yang masih kosong, sehingga tim Situng meminta PPS untuk memperbaiki sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan di TPS.”
Dilain pihak, masih kata Asep, saat ini masih berlangsung Pleno Rekapitulasi Penghitungan Surat Suara di tingkat Kecamatan yang melibatkan para PPS.
“Pleno mereka digelar sejak tanggal 19 April dan hingga sekarang masih berlangsung. Meski demikian kami tetap mengimbau kepada PPS dan PPK untuk segera berkoordinasi dengan pengawas dan saksi-saksi terkait C1 dan lampirannya yang berada di dalam kotak. Agar proses scanner bisa dimaksimalkan sampai 100 persen.” (***)

About Admin KPU KK

Check Also

KPU KK Tuntaskan Pleno di Provinsi

MANADO – Forum pleno Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara tingkat Provinsi Sulawesi Utara akhirnya …