Home / Berita / PPS dan PPK Pemilu 2019 Dikukuhkan

PPS dan PPK Pemilu 2019 Dikukuhkan

KOTAMOBAGU – Sebanyak 8 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dilantik di aula kantor KPU Kota Kotamobagu, Rabu (2/1/2019). Selain pelantikan PPK penambahan pasca putusan MK, KPU Kota Kotamobagu juga dilakukan pengukuhan terhadap PPK dan PPS se-Kota Kotamobagu.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kota Kotamobagu mengelar pelantikan dan pengukuhan PPK dan PPS se Kota Kotamobagu dalam rangka pemilihan umum tahun 2019.
Ketua KPU Kota Kotamobagu Iwan H.P Manoppo tidak semua warga negara bisa menyelenggarakan pemilu.
“Kita punya ruang berbakti kepada negara melalui penyelenggara pemilu,” ujar Manoppo, Rabu (2/1/2019).
Para penyelenggara disumpah agar bisa melaksanakan tugas dan kewajiban secara sungguh-sungguh, jujur, adil, dan cermat.
“Ini bukan lagi proses belajar. Tahapan pemilu sudah jalan, dan bapak ibu dilantik saat tahapan pemilu berlangsung,” terangnya.
“Untuk anggota PPK dan PPS bekerjalah sesuai dengan aturan dengan terus menjaga netralitas dan berintegritas,” ujar Manoppo.
Senada disampaikan oleh Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM bahwa, PPK dan PPS merupakan ujung tombak pelaksanaan tahapan pesta demokrasi. Sehingga kepribadian dari seorang penyelenggara,  saat melaksanakan tugas harus benar-benar netral atau tidak ada keberpihakan.
“Seorang penyelenggara harus menjaga integritasnya dalam menjalankan tugas dan wewenangnya. Dan ini harus ditanamkan pada diri seorang penyelenggara,” tegas Zulkifli.
Untuk memastikan kenetralan PPK dan PPS pihaknya akan memberikan pembekalan-pembekalan, terutama terkait dengan kode etik netralitas, parsialitas dengan harapan kedepan para PPK dan PPS dapat menjaga netralitas dan integritas.
Lanjutnya, kegiatan tahapan sudah berjalan, terlebih saat ini sedang berlangsung masa kampanye.
“Seluruh penyelenggara baik dari tingkat kecamatan hingga desa dan kelurahan segera melaksanakan tugasnya dan melakukan koordinasi. Jaga soliditas dan integritas dalam menjalankan tugas dan wewenangnya sebagai seorang penyelenggara,” tutup Zulkifli. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

Ini Dia PPS Pilgub Sulut dari Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Setelah melalui tahapan yang begitu panjang dan harus dilalui para calon Panitia Pemungutan …