Home / Berita / Pleno PPK Gunakan Sistem Paralel

Pleno PPK Gunakan Sistem Paralel

KOTAMOBAGU – Berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya, Rekapitulasi Hasil Penghitungan Surat Suara Pemilu 2019 tingkat Kecamatan nantinya akan dilakukan secara paralel.
Menurut Asep Sabar, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang membidangi Teknis dan Penyelenggara, semua itu sudah disampaikan dan dijelaskan di Buku Panduan untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).
Sistem baru ini memang belum pernah dilakukan pada pemilu-pemilu lalu. Karena nantinya surat suara akan langsung dibawa ke kecamatan. “Rekapitulasi ini dapat dilakukan secara paralel di Kecamatan. Tujuannya untuk mempercepat proses rekap, terutama untuk kelurahan/desa yang jumlah TPS-nya banyak,” jelas Asep saat memberikan materi pada bimbingan teknis sekaligus simulasi bagi PPK dan PPS se-Kota Kotamobagu di Hotel Sutan Raja, Senin (15/04/19).
Teknis paralel tersebut, lanjut Asep, berupa pembagian kelompok. PPK akan dibagi ke dalam beberapa kelompok. Kalau di pusat sudah ditentukan maksimal empat, tapi untuk Kota Kotamobagu cukup tiga kelompok saja menyesuaikan dengan jumlah pengawas kecamatan. Di sistem ini nantinya ada tiga titik atau panel penghitungan. Setiap titik diisi anggota PPK, pengawas kecamatan dan saksi DPD serta paslon. Terdapat juga saksi dari masing-masing partai politik. “Parpol atau pasangan calon presiden bisa menempatkan tiga saksi di masing-masing panel tadi.”
Usai dihitung secara paralel, dari masing-masing kelompok akan dihitung lagi melalui rapat pleno tingkat kecamatan. “Sistem paralel ini penting dilakukan karena pelaksanaan Pemilu 2019 berlangsung serentak, sehingga surat suara yang masuk diperkirakan lebih banyak,” kata Asep.
Asep menambahkan dengan banyaknya kotak suara karena digabung (pilpres dan pileg), maka perlu membuat penghitungan secara paralel. “Kalau disatukan enggak akan sanggup, lama waktunya. Ini supaya cepat juga. Apalagi di Kotamobagu Barat tercatat TPS-nya rata-rata melebihi 15 buah. Bahkan kelurahan Gogagoman tercatat ada 40 TPS.” (***)

About Admin KPU KK

Check Also

Wawali Ajak Rakyat Memilih

KOTAMOBAGU – Sehari jelang Pemilu serentak 2019 segala persiapan terus dilakukan bukan hanya Komisi Pemilihan …