Home / Berita / Persiapkan DAB Pileg

Persiapkan DAB Pileg

MANADO – Terkait gugatan Partai Demokrat terhadap KPU Kota Kotamobagu di Mahkamah Konstitusi (MK) diharapkan segera mempersiapkan kronologis serta dokumen alat bukti (DAB) yang akan disampaikan pada persidangan di MK, Juli mendatang.
KPU Provinsi Sulawesi pada acara Rakor Persiapan Sengketa PHPU Pemilihan Legislatif (Pileg) yang digelar di Swissbell Hotel, Jumat-Sabtu (20-21/06/19) sepakat untuk mengawal Perselisihan Hasil Pemilu (PHPU) yang dilayangkan oleh beberapa partai politik kepada KPU Provinsi maupun KPU Kabupaten/Kota se-Sulut.
“Kita semua harus ikuti prosedur maupun tatacara, termasuk dokumen-dokumen yang akan dijadikan alat bukti di MK nanti,” kata Meidy Tinangon, Kadiv Hukum KPU Provinsi Sulawesi Utara.
Menurut Meidy, prosedur penyusunan DAB pada PHPU Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) kemarin menjadi pembelajaran bagi semua. “Untuk itu di PHPU Pileg nanti tinggal menyesuaikan dan tergantung apa yang digugat oleh termohon, dalam hal ini partai politik atau caleg dari partai politik.”
Sementara itu, Kadiv Hukum KPU Kota Kotamobagu, Adrian Herdi Dayoh, mengatakan pihaknya selain mendapat gugatan dari Partai Demokrat juga sebagai terkait di gugatan yang dilayangkan oleh Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Sulawesi Utara kepada KPU Sulut.
“KPU Kota Kotamobagu dimasukkan dalam salah satu dalil dugaan penggelembungan suara untuk Partai Nasdem di tiga kecamatan yakni Kotamobagu Barat, Kotamobagu Timur dan Kotamobagu Selatan,” tegas Herdi yang juga mantan Komisioner Bawaslu Kota Kotamobagu ini.
Karena itu KPU Kota Kotamobagu berharap pekan ini juga seluruh dokumen dan kronologis akan segera rampung dan digandakan sesuai dengan permintaan dan prosedur yang berlaku di MK.
“Dokumen sudah siap tinggal disortir kembali sesuai dengan gugatan pemohon dalam hal ini Partai Demokrat dan PAN Sulawesi Utara,” tambah Asep Sabar, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang membidangi Teknis Penyelenggara. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

Pemenang Pilpres 2019 Ditetapkan

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi menetapkan Calon Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) …