Home / Berita / Persiapan TPS Rampung

Persiapan TPS Rampung

KOTAMOBAGU – Beberapa jam menjelang pemungutan suara Pemilu 2019, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sudah merampungkan pembuatan tempat pemungutan suara (TPS) di berbagai kelurahan dan desa se-Kota Kotamobagu.
Penegasan tersebut disampaikan Asep Sabar, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang membidangi Teknis dan Perencanaan kepada media ini, di kantornya Senin (15/04/19). “Mudah-mudahan semuanya representatif dan bisa memenuhi standar pembuatan TPS sebagaimana ditetapkan oleh KPU RI terkait pembuatan TPS Pemilu 2019,” tegasnya.
Ketika ditanya masih ada TPS yang tidak memenuhi standard ukuran 8 x 10 meter, Asep menjelaskan bahwa terkait pembuatan TPS disesuaikan dengan kondisi daerah. “Yang pasti intinya adalah pihak-pihak yang diundang di dalam TPS yakni saksi-saksi yang jumlahnya sangat banyak maupun pengawas TPS bisa menempati posisinya saat pemungutan suara. Jangan sampai mereka tidak terakomodir.”
Sebagaimana diketahui, jumlah TPS Pemilu 2019 berbeda dengan jumlah TPS saat pelaksanaan Pilkada 2018 silam. Jumlahnya membengkak dari 282 menjadi 326 TPS yang tersebar di 33 kelurahan/desa. “Mengapa demikian? Karena memang waktu pilkada jumlah pemilihnya dibatasi 600 orang per-TPS, sementara untuk Pemilu hanya 300 orang per-TPS. Sehingga berkonsekuensi pada meningkatnya jumlah TPS.”
Tak hanya itu, konsekuensi dari bergesernya jumlah pemilih berdampak pada perpindahan pemilih disetiap TPS-nya. “Banyak terjadi dalam satu rumah berbeda-beda TPS-nya di Pemilu 2019, karena memang harus dipetakan kembali dari 600 menjadi 300 orang per-TPS.” (***)

About Admin KPU KK

Check Also

Wawali Ajak Rakyat Memilih

KOTAMOBAGU – Sehari jelang Pemilu serentak 2019 segala persiapan terus dilakukan bukan hanya Komisi Pemilihan …