Home / Berita / Pentingnya Mengelola Dokumen

Pentingnya Mengelola Dokumen

MANADO – Beberapa tahun terakhir ini KPU RI begitu intens mengingatkan satker untuk mengelola dokumen dengan baik. Sehingga ketika ada kebutuhan atau kepentingan yang tidak disangka-sangka akan dengan mudah diselesaikan bila dokumen terarsip dengan baik.
Itulah salah satu penegasan yang disampaikan oleh Yessy Momongan, KPU Provinsi Sulawesi Utara saat memberikan materi pada Bimtek Pengelolaan Dokumen Pemilu 2019 di Kantor KPU Sulut, Selasa (28/05/19).
“Apalagi ketika kita harus berhadapan dengan persoalan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) 2019, kita harus mempersiapkan diri dengan dokumen yang benar-benar baik,” tegas Yessy.
Karena itu Yessy berharap kepada jajarannya di Divisi Teknis KPU Kabupaten/Kota se-Sulut untuk memperbaiki dokumen dan dijaga jangan sampai tercecer atau sembarang taruh, sehingga ketika dibuuthkan sulit dicari.
“Silakan Divisi Teknis untuk mengkalkulasi kebutuhan anggaran terkait dengan pengarsipan dokumen. Kalau perlu adakan hardisc eksternal untuk menyimpan semua softcopy tahapan Pemilu 2019.”
Penyampaian Yessy tersebut mendapat dukungan dari KPU Kota Kotamobagu. Menurut Asep Sabar, Kadiv Teknis KPU Kota Kotamobagu di beberapa tahun sebelumnya pengelolaan dokumen di kantornya sangat amburadul. Bahkan, kata Asep, ketika dirinya akan menyusun laporan tertulis pemilihan di lima tahun terakhir kesulitan lantaran dokumennya tercecer entah di mana.
“Ketika ditanya ke sekretariat alasannya beragam, tidak tersimpanlah, ada di komputer yang sudah rusak, laptop dan sebagainya. Jelas ini tidak baik bagi pengelolaan dokumen,” ujar Asep.
Untuk itu, masih kata Asep, ketika dirinya masuk KPU Kota Kotamobagu, arsip dokumen di KPU Kota Kotamobagu sudah sedikit lebih baik dan terarah. “Sehingga ketika ada pihak yang membutuhkan data tidak sulit lagi mencarinya. SDemua terdokumentasi dengan baik di Rumah Pemilu.” (***)

About Admin KPU KK

Check Also

Siapkan LHKPN

KOTAMOBAGU – Meskipun belum ada penetapan calon terpilih DPRD Kota Kotamobagu Periode 2019-2014, KPU Kota …