Home / Berita / Penetapan DPRD KK Tunggu Sidang MK

Penetapan DPRD KK Tunggu Sidang MK

MANADO – Penetapan calon terpilih DPRD Kota Kotamobagu Periode 2019-2014 yang dijadwalkan akan berlangsung bulan Juli harus ditunda karena adanya gugatan yang dilayangkan oleh beberapa peserta pemilu 2019 dalam hal ini partai politik.

Menurut Asep Sabar, Komisioner KPU Kota Kotamobagu, informasi sementara yang diperoleh dari Mahkamah Konstitusi (MK), KPU Kota Kotamobagu akan menghadapi sidang sengketa hasil yang dilayangkan oleh Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN).

“Sehingga kami harus menunda rencana pleno penetapan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kota Kotamobagu periode lima tahun mendatang,” jelas Asep yang saat dihubungi tengah mengikuti Simulasi Penetapan Kursi dan Calon Terpilih Pemilu 2019 yang digelar oleh KPU Provinsi Sulawesi Utara di Lagoon Best Wester Hotel Manado, dari tanggal 28-30 Juni 2019.

Sebagaimana diketahui, sesuai ketentuan dalam PKPU No 10 tahun 2019 tentang Perubahan atas PKPU No 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019 diatur bahwa penetapan kursi dan calon terpilih Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota, terutama bagi daerah yang tidak terdapat perselisihan hasil Pemilu dilakukan paling lama tiga hari setelah MK mencantumkan Permohonan PHPU dalam BRPK.

Kemudian sesuai ketentuan Peraturan MK Nomor 2/2018 tentang Perubahan kedua PMK Nomor 5/2018 tentang Jadwal Penanganan Perkara PHPU menyebutkan bahwa pencatatan permohonan pemohon dalam BRPK dalam PHPU DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota dilakukan pada tanggal 1 Juli 2019. Nah, berkaitan dengan hal tersebut KPU Kota Kotamobagu telah menerima Permohonan Penyelesaian PHPU  di Mahkamah Konstitusi dengan Termohon Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat. Dengan demikian KPU Kota Kotamobagu belum bisa melaksanakan penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Kotamobagu Periode 2019-2024 sampai tahapan sengketa Pemilu 2019 dimaksud selesai. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

Pemilu 2019 Dievaluasi

MANADO – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Ardiles Mewoh resmi membuka rakor …