Home / Berita / Peminat Relasi Minim

Peminat Relasi Minim

KOTAMOBAGU – Hingga sehari menjelang penutupan pendaftaran relawan demokrasi (relasi) Pemilu Tahun 2019, hanya sedikit warga yang mendaftarkan diri.
“Warga yang mengambil formulir lumayan banyak, tetapi yang mengembalikan formulir hanya sedikit,” kata Zulkifli Kadengkang, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang membidangi sosialisasi dan partisipasi masyarakat kepada media ini, Senin (14/01/18).
Terkait dengan menimnya peminat warga Kota Kotamobagu terhadap Relasi, Zulkifli mengatakan pihaknya akan segera berkoordinasi dengan KPU Provinsi Sulawesi Utara. “Kami belum bisa pastikan apakah akan ada penambahan waktu pendaftaran atau seperti apa, kami masih menunggu hasil koordinasi nanti.”
Sebagaimana sudah diberitakan sebelumnya, untuk bisa menjadi Relasi Kota Kotamobagu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, diantaranya bukan dari keluarga, anak/saudara/sanak famili penyelenggara tanpa ada kompetensi, berusia minimal 17 tahun pada saat mendaftar. Lainnya pendidikan minimal SLTA/sederajat, non-partisan, sekurang-kurangnya dalam lima tahun terakhir tidak menjadi anggota Partai Poliik.
KPU juga memprioritaskan mereka yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan bukan bagian dari penyelenggara pemilu. Berikutnya calon relasi harus memiliki pengalaman dalam kegiatan penyuluhan atau akif dalam organisasi kemasyarakatan/kemahasiswaan, membuat program kerja yang akan dilaksanakan.
Yang menarik dan berbeda dengan Relasi Pemilu 2014, rekrutmen Relasi Pemilu 2019 kali ini diproritaskan para milineal. Para calon harus mampu mampu mengoperasikan, membuat content/desain/slogan/meme dan memiliki minimal tiga akun medsos (FB, Twiter, Instagram) dengan follower atau friends minimal 1000 orang. (***)

PERSYARATAN MENJADI RELASI
1. Fotokopi KTP yang masih berlaku.
2. Fotokopi ijazah SLTA atau sederajat.
3. Pas foto 4 x 6 sebanyak empat lembar.
4. Surat pernyataan idak menjadi anggota partai poliik sekurangnya dalam lima tahun terakhir.
5. Surat pernyataan kesediaan menjadi relawan demokrasi.
6. Surat keterangan terdaftar sebagai pemilih dari PPS.
7. Surat pernyataan tidak pernah dipidana penjara atau melakukan tindak pidana.
8. Surat pernyataan bukan bagian dari penyelenggara pemilu 2019.
9. Seriikat/Piagam yang berkaitan dengan kegiatan KPU (bagi yang mempunyai).
10. Datar riwayat hidup.

About Admin KPU KK

Check Also

40 Orang Lipat 454.700 SS

KOTAMOBAGU- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu terus melakukan persiapan menjelang pemilu 2019 nanti April. …