Home / Berita / Pemilih KK Susut 4 Ribu Orang

Pemilih KK Susut 4 Ribu Orang

KOTAMOBAGU – Hasil pemutakhiran data penduduk yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), ternyata jumlah pemilih Kota Kotamobagu (KK) per Maret 2015 sebanyak 84.438 orang.

Jumlah tersebut mengalami pengurangan dari jumlah pemilih pada pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 lalu yakni sebanyak 89.389 orang.

“Bila dikalkulasi, berarti ada penyusutan jumlah pemilih di Kota Kotamobagu sebanyak 4.951 orang,” kata Asep Sabar, Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi data dan informasi di Jakarta, Selasa (09/06/15).

Asep mengaku pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Duksapil Kotamobagu, Virgina Olii. “Pihak Disdukcapil membenarkan Kementerian Dalam Negeri sudah mengumumkan jumlah pemilih Kotamobagu hasil evaluasi terakhir sebanyak 84.438 orang. Hanya saja Disdukcapil belum bisa merinci jumlah laki-laki dan perempuan, mengingat data-data tersebut belum diteruskan ke kabupaten/kota.”

Sayangnya belum diketahui apa yang menjadi sebab-musabab utama menurunnya jumlah pemilih di Kota Kotamobagu pada pemilihan kepala daerah gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara saat ini.

Masih kata Asep saat ini KPU, sebagaimana Jadwal Pilkada Serentak yang tertuang dalam PKPU Nomor 2 Tahun 2015, memasuki tahap analisis Data Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) yang secara resmi sudah diserahkan Menteri Dalam Negeri ke KPU RI di Jakarta, Rabu (03/06/15) lalu.

“Setelah itu KPU Kabupaten/Kota yang akan mencocokkan dan meneliti (coklit) apakah pemilih yang bersangkutan masih ada atau sudah pindah domisli, meninggal atau lain-lainnya. Waktunya sekitaran Juli hingga Agustus,” jelas Asep.

Terkait jumlah pemilih dan persoalan kependudukan memang harus selalu dikontrol. “Penduduk kita memang dinamis dan selalu berubah-ubah, seperti misalnya mereka yang baru memasuki usia pemilih 17 tahun, berpindah, meninggal atau lain-lainnya. Karena itu kami tetap berkoordinasi dengan pemerintah desa maupun kelurahan untuk memantau perkembangan itu.” (**)

About Admin KPU KK

Check Also

Pilkada Serentak 2020 Diresmikan

JAKARTA – Belokasi di Jakarta Convention Center (JCC), Senin (23/09/19), Pilkada Serentak Tahun 2020 diresmikan …

Leave a Reply