Home / Berita / Matali jadi Lokasi Simulasi

Matali jadi Lokasi Simulasi

KOTAMOBAGU – Kelurahan Matali Kecamatan Kotamobagu Timur akhirnya ditetapkan menjadi lokasi pelaksanaan Simulasi Pemilu Serentak Tahun 2019 tingkat Kota Kotamobagu, Sabtu (23/03/19) mendatang.
Penegasan tersebut disampaikan Asep Sabar, Komisioner yang juga Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kota Kotamobagu, di kantornya Selasa (19/03/19). “Keputusan tersebut diambil pada rapat pleno mingguan Komisioner KPU Kota Kotamobagu pada Senin tanggal 18 Maret 2019 kemarin,” kata Asep saat dikonfirmasi berbagai media hari ini.
Memang, aku Asep, sebelumnya sempat ada kesepakatan KPU Kota Kotamobagu untuk menjadikan Kelurahan Kotamobagu Kecamatan Kotamobagu Barat sebagai lokasi Simulasi. Lapangan Kotamobagu dianggap strategis dan berada di jantung kota Kota Kotamobagu. Karena itu rapat komisioner Senin tanggal 4 Maret 2019 memutuskan Lapangan ‘Hotinimbang’ Kotamobagu tersebut sebagai lokasi Simulasi sekaligus sosialisasi Pemilu 2019.
“Sejauh itu, kita sempat berkoordinasi dengan PPK Kotamobagu Barat serta PPS Kotamobagu terkait dengan jumlah pemilih yang ada di TPS 10 maupun TPS 11 yang lokasinya berdekatan dengan Lapangan Kotamobagu. Hanya saja setelah dikonfirmasi ke Pemkot Kotamobagu ternyata lokasi Lapangan Kotamobagu saat ini sedang ada kagiatan.”
Nah, atas informasi tersebut, tambah Asep, Rapat Komisioner KPU KK memutuskan untuk memindahkan lokasi Simulasi dan tidak lagi di Lapangan Kota. “Rapat sempat mempertimbangkan beberapa lokasi; yakni halaman Gedung Bobakidan, Lapangan Mogolaing dan Lapangan Matali, yang kesemuanya tidak kalah strategis dengan Lapangan Kotamobagu. Dan, setelah melalui berbagai pertimbangan, maka diputuskanlah Lapangan Matali Kecamatan Kotamobagi Timur sebagai lokasi Simulasi.”
Dengan berpindahnya lokasi Simulasi dari lapangan Kotamobagu ke Lapangan Matali, masih kata Asep, maka berganti pula penanggungjawab teknis lokasi kepada PPK Kotamobagu Timur dan PPS Matali. “Kami sudah berkomunikasi dengan mereka. Untuk lokasi Lapangan Matali berada di TPS 9 dengan jumlah pemilih 268 orang.”
Simulasi tersebut, tambah Iwan Manoppo, Ketua KPU Kota Kotamobagu akan menghadirkan KPU Provinsi Sulawesi Utara, KPU Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara, Forum Komunikasi Pimpindan Daerah (Forkopimda) Kota Kotamobagu, Bawaslu Kotamobagu, PPK, PPS, Relawan Demokrasi dan pimpinan Partai Politik se-Kota Kotamobagu.
“Kami akan maksimal pelaksanaan simulasi tersebut persis seperti tahapan pemungutan dan penghitungan suara sesungguhnya. Karena itu kami melibatkan langsung pengawas TPS serta saksi-saksi dari partai politik,” pungkas Iwan diiyakan komisioner lainnya; Yokman Muhaling, A. Herdi Dayoh dan Zulkifli Kadengkang. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

Wawali Ajak Rakyat Memilih

KOTAMOBAGU – Sehari jelang Pemilu serentak 2019 segala persiapan terus dilakukan bukan hanya Komisi Pemilihan …