Home / Berita / Lima Anggota KPU KK Serahkan LHKPN

Lima Anggota KPU KK Serahkan LHKPN

KOTAMOBAGU – Lima Komisioner KPU Kota Kotamobagu: Iwan Manoppo, Asep Sabar, Yokman Muhaling, Zulkifli Kadengkang dan Herdi Dayoh resmi menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (08/04/19).
“LHKPN ini sebagai wujud kepatuhan para penyelenggara negara untuk melaporkan kekayaannya kepada KPK,” kata Asep Sabar, salah seorang Komisioner KPU Kota Kotamobagu di kantornya, Rabu (10/04/19).
Meski demikian, aku Asep, penyerahannya memang agak terlambat dari jadwal yang sudah ditetapkan oleh KPK paling lambat tanggal 31 Maret 2019. “Mungkin terkait dengan jaringan, sehingga penyampaian username dan password-nya dari KPK agak terlambat masuk ke imel kami.”
LHKPN, sebagaimana Wikipedia, adalah daftar seluruh harta kekayaan penyelenggara negara yang dituangkan di dalam formulir LHKPN yang ditetapkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). LHKPN tidak hanya mencakup harta seorang penyelenggara negara, namun juga keluarga inti seperti pasangan dan anak yang masih menjadi tanggungan.
Lahirnya LHKPN berawal pada masa pemerintahan BJ Habibie. Dalam rangka mengatasi masalah korupsi, presiden mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 81 tahun 1999. Dalam keputusan itu dibahas tentang pembentukan Komisi Pemeriksa Kekayaan Penyelenggara Negara (KPKPN). KPKPN merupakan lembaga independen yang berfungsi mencegah praktek korupsi, kolusi, dan nepotisme dalam penyelenggaraan negara.
Namun sejak Presiden Megawati Soekarno Putri mendirikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui UU Nomor 30 tahun 2002 pada 2002, KPKPN kemudian dibubarkan. Sejak itu KPKPN menjadi bagian dari bidang pencegahan KPK dan lahirlah LHKPN.
Penyelenggara negara juga wajib melaporkan harta kekayaannya pada saat pertama kali menjabat, mutasi, promosi, pensiun dan juga wajib dalam menginformasikan harta kekayaan. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

Wawali Ajak Rakyat Memilih

KOTAMOBAGU – Sehari jelang Pemilu serentak 2019 segala persiapan terus dilakukan bukan hanya Komisi Pemilihan …