Home / Berita / KPU RI Gelar Bimtek Situngsura

KPU RI Gelar Bimtek Situngsura

BATU – Hari pemungutan suara tersisa 74 hari lagi. Dan untuk memperkuat pemahaman jajaran penyelenggara tentang proses pemungutan dan penghitungan suara (tungsura) Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengundang jajaran KPU provinsi se-Indonesia untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek), di Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu (2/2/2019).
Pada pertemuan yang dihadiri ratusan penyelenggara dari divisi teknis ditingkat provinsi itu, juga peserta akan mendapat pelantihan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Penghitungan (Situng) Pemilu 2019, yang akan digunakan pada hari pemungutan suara nanti.
Anggota KPU RI Divisi Teknis, Ilham Saputra yang membuka secara langsung kegiatan bimtek mengatakan bahwa acara selama tiga hari ini memang ditujukan untuk menyamakan pemahaman penyelenggara pemilu khususnya ditingkat provinsi akan tata cara pemungutan suara dan penggunaan Situng. Mengingat akan ada banyak perbedaan penanganan tata cara pemungutan maupun penghitungan suara di Pemilu Serentak 2019 dibandingkan dengan pemilu sebelumnya.
“Ini pemilu kita serentak pertama kali, tentu ada perbedaan dan ini tantangan kita,” ujar Ilham.
Oleh karena itu Ilham juga berharap peserta bimtek kali ini juga banyak menyampaikan pertanyaan dan masukan terkait proses pemungutan dan penghitungan suara, khususnya yang telah diatur dalam Peraturan KPU (PKPU). Dia juga meminta agar apa yang diterima oleh peserta nanti bisa dilanjutkan ke jajaran dibawahnya, melalui bimtek baik KPU kabupaten/kota maupun tingkat kelurahan, kecamatan dan TPS. “Jadi tidak putus. Laksanakan ini juga dengan penuh integritas karena kalau pemilu berhasil maka apa yang kita kerjakan juga tercatat dalam sejarah sebagai hasil kerja yang baik,” lanjut Ilham.
Sebelumnya Kepala Biro Teknis dan Hupmas KPU RI Nur Syarifah (Inung) mengatakan juga menyampaikan tujuan dari kegiatan Bimtek Tungsura dan Pelantihan Situng ini, adalah sebagai sarana memberikan pemahaman yang sama kepada penyelenggara didaerah agar mampu menjalankan tugas di hari pemungutan suara dengan baik.
Lebih rinci Inung juga mengatakan bahwa bimtek nantinya akan memberikan pemahaman kepada peserta tentang pengisian form C dan C1 serta dilakukan simulasi tata cara penghitungan perolehan suara, konversi suara menjadi kursi serta penggunaan aplikasi Situng. “Terkait Situng kita sedang mengajukan pendaftaran aplikasi ini ke Kemenkominfo sehingga punya legalitas yang kuat dan tidak dipertanyakan lagi,” tambah Inung. (***)

sumber www.kpu.go.id

About Admin KPU KK

Check Also

Pemilu 2019 Dievaluasi

MANADO –¬†Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Ardiles Mewoh resmi membuka rakor …