Home / Berita / KPU Menjelaskan, Gakumdu Menilai

KPU Menjelaskan, Gakumdu Menilai

BANDUNG – Terkait kampanye Pemilu 2019, tugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah membuat aturan main dan menjelaskan sesuai peraturan perundangan. Namun untuk menilai terjadi pelanggaran atau tidak terhadap aturan kampanye, itu menjadi tugas Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) yang berada di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).
Hal tersebut disampaikan Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan di depan peserta Rapat Pimpinan (Rapim) KPU bersama KPU Provinsi/KIP Aceh, Selasa (5/3/2019) di Bandung Jawa Barat. Wahyu mengingatkan kepada semua komisioner KPU Provinsi/KIP Aceh untuk berhati-hati dalam membuat pernyataan terkait kampanye Pemilu 2019.
“KPU jangan terjebak untuk turut menilai suatu peristiwa itu bisa disebut pelanggaran atau tidak, karena itu sudah menjadi tugas Gakumdu untuk memutuskannya. Kita bisa jelaskan sesuai aturan perundangan, tetapi tidak boleh langsung mengatakan pelanggaran atau tidak terhadap peristiwa tertentu,” jelas Wahyu yang menangani kampanye di KPU RI.
KPU sebaiknya lebih fokus pada kewajiban dalam kampanya, salah satunya memfasilitasi peserta pemilu dalam iklan kampanye, tambah Wahyu. Sesuai konstruksi UU, peserta pemilu yang dimaksud adalah partai politik, calon anggota DPD, calon presiden dan wakil presiden. Untuk itu, KPU tidak memfasilitasi calon anggota legislatif (caleg).
“Saat ini peserta pemilu dapat membuat iklan mandiri, meski tidak wajib dan tidak membuat iklan mandiri juga tidak masalah. Namun fasilitasi kepada peserta pemilu wajib kita laksanakan. Khusus untuk caleg, KPU tidak memfasilitasi, namun bisa beriklan jika itu menjadi kebijakan partai, misalnya partai politik menampilkan para caleg dalam iklan kampanyenya,” tutur Wahyu di depan Ketua dan Sekretaris KPU Provinsi seluruh Indonesia.
Terkait penyampaian surat pemberitahuan kampanye, Wahyu juga menjelaskan bahwa KPU dan Bawaslu sudah membuat terobosan yang memungkinkan dalam satu surat tersebut bisa gelondongan untuk banyak rencana kampanye. Meski demikian, hingga saat ini masih banyak peserta pemilu yang belum menyampaikan surat pemberitahuan tersebut. (hupmas kpu ri arf/foto: arf/ed diR)

Sumber www.kpu.go.id

About Admin KPU KK

Check Also

Empat Calih Belum Masukkan LHKPN

KOTAMOBAGU – Hingga pukul 10.00 wita Rabu (14/08/19) pagi ini, tercatat baru 21 orang calon …