Home / Berita / KPU KK Rekrut Relasi Milenial

KPU KK Rekrut Relasi Milenial

KOTAMOBAGU – Sebagai bagian dari program Sosialisasi Pemilu Tahun 2019, KPU Kota Kotamobagu akan merekrut relawan demokrasi (Relasi) sebagaimana pernah dilakukan saat Pemilu 2014 silam.
Untuk bisa menjadi Relasi Kota Kotamobagu, menurut Zulkifli Kadengkang, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang membidangi partisipasi masyarakat dan sosialisasi, syaratnya antara lain (1). 1. Warga Negara Indonesia. (2). Bukan dari keluarga, anak/saudara/sanak famili penyelenggara tanpa ada kompetensi (3). Berusia minimal 17 tahun pada saat mendaftar. “Khusus untuk relawan pemilih pemula maksimal berusia 25 tahun,” kata Zulkifli, Kamis (10/01/18).
Syarat berikut, masih kata Zulkifli adalah (4). Pendidikan minimal SLTA/sederajat. (5). Berdomisili di wilayah setempat: a. Setiap kecamatan diharuskan ada perwakilan dari relawan; b. Jika ada wilayah dengan geografis pulau-pulau kecil/daerah terluar/daerah perbatasan diusahakan ada perwakilan relawan. (6). Non-partisan, sekurang-kurangnya dalam lima tahun terakhir tidak menjadi anggota Partai Politik.
“Yang paling penting adalah memiliki komitmen menjadi relawan, terdatar sebagai pemilih serta memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan bukan bagian dari penyelenggara pemilu.”
Persyaratan lainnya adalah memiliki pengalaman dalam kegiatan penyuluhan atau akif dalam organisasi kemasyarakatan/kemahasiswaan, membuat program kerja yang akan dilaksanakan.
“Relasi Pemilu 2019 diutamakan bagi relawan basis pemilih warga internet mampu mengoperasikan, membuat content/desain/slogan/meme dan memiliki minimal tiga akun medsos (FB, Twiter, Instagram) dengan follower atau friends banyak, minimal seribu orang,” tambah Zulkifli di kantornya.
Selanjutnya bagi relawan basis komunitas berkedudukan sebagai ketua/anggota komunitas tertentu. Demikian pula bagi relawan basis disabilitas berkedudukan sebagai ketua/anggota lembaga penyandang disabilitas. Berikut bagi relawan basis keagamaan berkedudukan sebagai penyuluh keagamaan Non-PNS.
“KPU mengutamakan mereka yang pernah mengikui kegiatan KPU (Kursus Kepemiluan/Jambore Demokrasi/ KPU Goes to Campus/ School/ Pesantren) memperoleh prioritas,” pungkas Zulkifli. (***)

PERSYARATAN MENJADI RELASI
1. Fotokopi KTP yang masih berlaku.
2. Fotokopi ijazah SLTA atau sederajat.
3. Pas foto 4 x 6 sebanyak empat lembar.
4. Surat pernyataan idak menjadi anggota partai poliik sekurangnya dalam lima tahun terakhir.
5. Surat pernyataan kesediaan menjadi relawan demokrasi.
6. Surat keterangan terdaftar sebagai pemilih dari PPS.
7. Surat pernyataan tidak pernah dipidana penjara atau melakukan tindak pidana.
8. Surat pernyataan bukan bagian dari penyelenggara pemilu 2019.
9. Seriikat/Piagam yang berkaitan dengan kegiatan KPU (bagi yang mempunyai).
10. Datar riwayat hidup.

About Admin KPU KK

Check Also

40 Orang Lipat 454.700 SS

KOTAMOBAGU- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu terus melakukan persiapan menjelang pemilu 2019 nanti April. …