Home / Berita / KPU KK Massif Sosialisasi Pemilu 2019

KPU KK Massif Sosialisasi Pemilu 2019

KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu terus melakukan Sosialisasi Pemilihan Umum Tahun 2019. Kali ini yang menjadi sasaran adalah kelompok perempuan.
Kegiatan yang dimulai pukul 09.30 Wita bertempat di Balai Pertemuan kantor desa Moyag Todulan itu dibuka langsung oleh Sangadi Moyag Todulan, Sartono Makalalag. Sartono menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada KPU Kota Kotamobagu karena telah mempercayakan desa Moyag Todulan dalam pelaksanaan sosialisasi Pemilu tahun 2019, khususnya bagi kaum perempuan yakni Kelompok Wanita Tani (KWT).
Anggota KPU Kota Kotamobagu Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) Zulkifli Kadengkang selaku narasumber mengatakan bahwa kelompok perempuan adalah kelompok yang majemuk, lebih komunikatif, dan lebih mudah men-sharing informasi yang diterima mereka kepada warga atau masyarakat lingkungan sekitar mereka.
Menurut Zulkifli Pemilu yang akan diselenggarakan pada 17 April 2019 untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), serta anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota) periode 2019–2024.
“Pada pemilu serentak kali ini pemilih akan mendapatkan lima surat suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dibedakan list warna sesuai tingkatanya. Pemilih dapat menentukan pilihannya dengan cara mencoblos pada tiap-tiap surat suara.” Dalam sosialisasi tersebut juga sempat dijelaskan tata cara mencoblos pada surat suara. ”Kami meyakinkan partisipasi kaum perempuan dalam Pemilu kali ini sangat menentukan nasib daerah dan negaranya ke depan,” kata Zulkifli.
Para peserta sosialisasi juga diberi pemahaman hak pilih setiap warga negara merupakan privasi. kata Zulkifli mereka (kaum perempuan) sebagai bagian dari pilar negaranya.
“Harus berdaulat sebagai pemilih untuk mewujudkan demokrasi yang berkualitas di Pemilu 2019. Sebagaimana tagline KPU yakni ‘Pemilih Berdaulat Negara Kuat.” terang Zulkifli.
Selain itu, berbagai informasi lainnya mengenai tahapan Pemilu seperti kategori pemilih, layanan pindah memilih, peserta pemilu, pemilih yang masuk dalam daftar pemilih khusus (DPK) juga dipaparkan oleh Zulkifli.
Selain meningkatkan partisipasi pemilih perempuan, Zulkifli juga menggiring mereka agar mengajak orang lain di sekitarnya untuk berpartisipasi. “Perempuan kalau menyadarkan keluarganya baik suami, anak, itu lebih kena.”
Itu sebabnya, kaum perempuan dianggap sangat menentukan keberhasilan Pemilu karena khususnya di Kota Kotamobagu, pemilih perempuan mencapai 49,89%.
Diakhir materi, Zulkifli mengajak peserta agar bisa turut aktif perpartisipasi menyosialisasikan informasi pemilu serentak ini serta menggunakan hak pilihnya dengan datang ke TPS pada hari Rabu, tanggal 17 April 2019 dengan mengajak seluruh anggota keluarga, tetangga maupun kerabat dan meminta mereka untuk bersama-sama mensukseskan Pemilu serentak tahun 2019. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

Wawali Ajak Rakyat Memilih

KOTAMOBAGU – Sehari jelang Pemilu serentak 2019 segala persiapan terus dilakukan bukan hanya Komisi Pemilihan …