Home / Berita / KPU KK Bimtek PPK

KPU KK Bimtek PPK

KOTAMOBAGU – Dalam rangka penyamaan persepsi dan pemahaman terkait pelaksanaan Pemilu 2019, KPU Kota Kotamobagu menggelar Bimtek Pemungutan dan Penghitungan Surat Suara, di kantor KPU Kota Kotamobagu, Rabu (27/02/18).
Lima komisioner; Asep Sabar, Yokman Muhaling, Zulkifli Kadengkang, Herdi Dayoh dan Iwan Manoppo secara bergantian menyampaikan materi sesuai bidangnya masing-masing. Materi pertama disampaikan Yokman Muhaling terkait dengan pemilih sebagaimana tertuang dalam PKPU Nomor 3 Tahun 2019. Bahkan Yokman juga mengupas soal pemutakhiran data pemilih yang kali ini berbeda dengan Pemilu sebelumnya.
Dilanjutkan penyampaian oleh Zulkifli Kadengkang yang menekankan pada aktivitas kepedulian PPK terkait dengan pelaksanaan pemungutan suara mendatang. “Meski pemungutan dan penghitungan focus di KPPS, PPK diminta untuk senantiasa memantau perkembangan dan melakukan monitoring, sehingga pelaksanaan pemungutan dan penghitungan bias berjalan dengan baik.”
Materi berikutnya disampaikan Asep Sabar yang memaparkan soal pemungutan, penghitungan dan bahkan hingga PSU. “PKPU 3 tahun 2019 menegaskan bahwa PPK wajib melakukan bimbingan kepada PPS dan PPK terkait dengan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan. “Berdasarkan pengalaman beberapa pemilihan selalu saja terjadi persoalan di lapangan, akibat bimbingan dan pendampingan kurang kepada KPPS.”
Dibagian Hukum, Herdi Dayoh, mengingatkan soal potensi yang terjadi bila pemungutan dan penghitungan tidak dikelola dengan baik. “Karena itu kami berharap semua peklaksanaan bias berjalan dengan lancar tidak sampai terjadi persoalan dari TPS hingga rekapitulasinya nanti.”
Dibagian akhir Iwan Manoppo menekan soal perlunya dibangun kembali harmonisasi antara penyelenggara adhoc yang ada di jajaran KPU Kota Kotamobagu dalam hal ini PPK dan PPS dengan pengawas kecamatan maupun PPL. “Harmonisasi dan koordinasi secara intens sangat dibutuhkan agar pelaksanaan rekapitulasi maupun kegiatan lainnya bisa berjalan dengan baik dan sukses. Dan yang paling Utama dari semua itu adalah adanya kesepahaman aturan yang dilaksanakan dalam tahapan Pemilu 2019 ini.” (***)

About Admin KPU KK

Check Also

Siapkan LHKPN

KOTAMOBAGU – Meskipun belum ada penetapan calon terpilih DPRD Kota Kotamobagu Periode 2019-2014, KPU Kota …