Home / Berita / KPU Harus Transparan

KPU Harus Transparan

JAKARTA – Anggota KPU RI, Ilham Saputra mengingatkan seluruh jajarannya di KPU kabupaten/kita RI untuk profesional dan jujur dalam menjalankan tahapan situng pada Pemilu 2019.
“Pokoknya kami tidak mau dengar ada laporan KPU Kabupatan/Kota memanipulasi data entry atau merubah-rubah angkanya,” tegas Ihlam saat membuka Bimtek Situng bagi Ketua Divisi Teknis, Verifikator dan operator Situng KPU se-Indonesia di Hotel Holiday Inn Gajah Mada Jakarta, Sabtu (30/03/2019).
Ihlam berharap seluruh KPU bisa bekerja maksimal dan berpatokan pada aturan yang berlaku di pemilu sekarag ini.
“Pengalaman pemilu maupun pilkada yang berjalan sukses merupakan indikator kita sebagai penyelenggara yg baik, maka dari itu hasilnya baik.”
Ilham bahkan menginstruksikan kepada seluruh anggota KPU secara berjenjang untuk terus berkoordinasi dalam menjalankan tahapan Pemilu Serentak Tahun 2019.
“Kalau ada pihak-pihak atau siapapun yang protes maupun minta masukan soal pemilu silakan kasih penjelasan sedetail-detaiilnya. Kalau perlu beritahu semua proses tahapan yang berjalan dan jangan ada yang ditutup-tutupi, terutama yang berkaitan dengan hasil rekapitulasi surat suara dari TPS.”
Divisi Teknis itu, masih kata Ilham, bisa diibaratkan sebagai jantungnya pemilu. Jadi harus dijaga keberlangsungan pekerjaannya.”
“Tidak masalah kalau ada yang ingin tau kerja-kerja situng itu seperti apa. Jelaskan saja.”
Yang menarik Ilham menyemangati KPU Kabupaten/Kota untuk terus bersemangat dan optimis bisa menjalankan pekerjaan sesuai tahapan hingga akhir.
“Penyelenggara haruslah optimis dan yakin bisa jalankan tahapan akhir pemilu dengan baik dan sesuai regulasi yg ada.”
Juga jangan lupa untuk pastikan semua proses berjalan dengan baik. “Bila ada masalah lapor ke KPU Provinsi masing-masing. Nanti KPU Provinsi yang lapor ke Jakarta. Walau dilantik oleh KPU RI tetap pertanggungjawabannya secara berjenjang. Jangan mentang-mentang.”
KPU Kota Kotamobagu sendiri mengirimkan tiga personilnya di acara yang akan berlangsung hingga besok tersebut. Yakni Asep Sabar (Kadiv Teknis), Eric Sugeha (Kasubag Teknis) dan Moh. Nasir Malah (Operator Situng). (***)

About Admin KPU KK

Check Also

Sempat Ditunda, Buka Kotak Terlaksana

KOTAMOBAGU – Sempat tertunda sehari dari jadwal semula Jumat (07/06/19) kemarin, pembukaan kotak dalam rangka …