Home / Berita / KPPS Ujung Tombak Pemilu

KPPS Ujung Tombak Pemilu

KOTAMOBAGU – Selama dua hari yakni sejak Minggu hingga Senin (07-08/04/19) sore, KPU Kota Kotamobagu menggelar Bimbingan Teknis Pemungutan dan Penghitungan Surat Suara Pemilu Serentak Tahun 2019 kepada KPPS yang berlokasi di Hotel Sutan Raja Kotamobagu.
Kegiatan ini, kata Asep Sabar, Ketua Divisi Teknis yang juga Komisioner KPU Kota Kotamobagu, untuk memberikan pemahaman tugas dan fungsi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam melaksanakan tahapan pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).
“Mereka (KPPS, red) adalah ujung tombak sukses dan tidaknya pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019. Karena itu KPU Kota Kotamobagu memberikan pemahaman tentang tupoksi kepada mereka, sambil berharap hasil dari bimtek tersebut bisa diterapkan nanti pada hari H Pemilu tanggal 17 April 2019,” tegas Asep.
Adapun peserta bimtek yang dihadirkan dibagi dalam dua gelombang, yakni Gelombang I pada hari Minggu (07/04/19) yaitu KPPS yang berasal dari kelurahan/desa se-Kecamatan Kotamobagu Utara dan Kotamobagu Barat. Sementara untuk Gelombang II dihadirkan KPPS dari Kecamatan Kotamobagu Timur dan Kotamobagu Selatan. Para KPPS tersebut didampingi langsung Penia Pemungutan Suara (PPS) dari masing-masiong kelurahan/desa se-Kota Kotamobagu.
“Awalnya kami berharap seluruh anggota KPPS yang berjumlah tujuh orang bisa mengikuti bimtek, namun karena keterbatasan anggaran yang disediakan oleh APBN, maka hanya empat orang yang dihadirkan, yakni KPPS 1 (Ketua), KPPS 3, KPPS 4 dan KPPS 5. Mengingat tupoksi mereka berempat sangat menentukan,” jelas Asep diiyakan komisioner lainnya; Iwan Manoppo, Yokman Muhaling, Herdi Dayoh dan Zulkifli Kadengkang.
Meski hanya empat orang, Asep berharap kepada mereka yang sudah mengikuti bimtek bisa menyampaikan hal-hal penting kepada KPPS lainnya yang posisinya tidak kalah penting di TPS. “Kami juga sudah membagikan buku panduan kepada tujuh orang KPPS. Sehingga bisa dibaca dan diperdalam. KPU Kota Kotamobagu juga sudah meminta kepada PPK dan PPS untuk memberikan pendalaman kepada KPPS di wilayahnya masing-masing, sehingga tidak akan ada lagi keselahan atau ketidakmengertian KPPS ketika melaksanakan tugasnya di hari H nanti.”
Turut memberikan materi yang dibuka oleh Ketua KPU Kota Kotamobagu, Iwan Manoppo, selain Asep Sabar sebagai penanggungjawab Teknis, juga Kasubag Teknis Eric Sugeha dan dua orang operator Situng; Yusril Kobandaha dan Moh. Nasir Malah. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

Pemenang Pilpres 2019 Ditetapkan

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi menetapkan Calon Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) …