Home / Berita / Jangan Berpuas Diri Duilu

Jangan Berpuas Diri Duilu

BUKITTINGGI, kpu.go.id – Pesan penting disampaikan Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Harjono saat hadir sebagai salah satu narasumber dalam acara pembukaan Konsolidasi Regional (Konreg) Partisipasi Masyarakat (Parmas) Gelombang di Bukittinggi, Kamis (28/8/2019) malam.
Mantan hakim konstitusi itu mengingatkan jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar tidak terbuai dengan angka partisipasi pemilih yang tinggi di Pemilu 2019. Tetap bekerja keras dengan mencerdaskan masyarakat agar menjadi pemilih yang bertanggung jawab untuk demokrasi yang lebih baik. “Kalau sekarang kita lihat keberhasilan parmas, tapi sesungguhnya kita masih banyak hal yang harus diperbaiki dalam berdemokrasi,” ucap Harjono.
Pesan lain juga disampaikan Ketua Komisi II DPR, Zainuddin Amali. Politisi Partai Golongan Karya mengingatkan jajaran KPU agar menjaga kepercayaan masyarakat yang telah ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah pemilih datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Pemilu 2019. KPU harus terus bekerja transparan, berintegritas serta profesional.
Menjaga kepercayaan masyarakat menurut dia tidak lah mudah, sebab KPU sendiri diawal tahapan Pemilu 2019 lalu sempat mendapat ketidakpercayaan dari masyarakat, apakah mampu menjalankan pemilu yang baru pertama kali serentak tersebut. “Agar saudara-saudara bekerja maksimal di 270 daerah,” pesan Zainuddin.
Sementara itu Anggota Bawaslu RI, Mochammad Afifudin mengingatkan sejumlah hal yang patut diantisipasi terjadi di Pemilihan 2020. Perbedaan regulasi dengan Pemilu 2019 menurut dia bisa memunculkan kebingungan dimasyarakat ataupun penyelenggara itu sendiri. “Seperti kedudukan pengawas, meski kami sudah sampaikan ke bapak presiden terkait dua posisi berbeda Bawaslu ini,” kata Afifudin.
Hal lain yang juga perlu diantisipasi adalah ujarnya kebencian dan hoaks pasca pemilu yang bisa juga menular di Pemilihan 2020. (hupmas kpu ri dianR/foto: dianR/ed diR)

sumber www.kpu.go.id

About Admin KPU KK

Check Also

Presentasi Calon Perseorangan di Boltim

KOTABUNAN – Bersama Kasub Bagian Teknis Penyelenggaraan; Erik Sugeha, Anggota KPU Kota Kotamobagu; Asep Sabar, …