Home / Berita / Hari Minggu, Masuki Masa Tenang

Hari Minggu, Masuki Masa Tenang

KOTAMOBAGU – Mulai hari Minggu (14/04/19) besok tahapan Pemilu Serentak Tahun 2019 mulai memasuki masa tenang. Sebagaimana biasanya di setiap pemilihan, masa tenang tidak diperbolehkan lagi semua peserta pemilu melakukan aktivitas kampanye atau lainnya.
Karena itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu mengimbau warga dan peserta Pemilu 2019 tidak menyebarkan materi kampanye pada saat masa tenang termasuk di media sosial dan jejaring lainnya. Komisioner KPU Kota Kotamobagu, Asep Sabar mengatakan hal tersebut dilakukan agar pelaksanaan pemilu berjalan dengan aman, bersih dan adil sesuai dengan regulasi yang berlaku.
Meski demikian Asep memprediksikan meski sudah masuk mada tenang, masyarakat terutama peserta pemilu akan berupaya memanfaatkan media sosial sebagai media kampanye untuk mengarahkan dan mengajak warga.
“Masa kampanye sudah dihentikan, termasuk metode kampanye di media konvensional dan media sosial hingga kampanye terbuka. Karena itu sudah harus dihentikan terhitung sejak tanggal 13 April. Kalau masih ada akun medsos yang mencoba berkampanye di masa tenang atau kampanye di luar jadwal, dipastikan akan dikenakan sanksi pidana pemilu sesuai Pasal 492 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilu,” jelasnya.
Sanksi pidana yang akan dihadapi oleh pelaku pelanggar waktu kampanye, tegas Asep, berupa kurungan paling lama satu tahun penjara. Dia berharap mulai Sabtu (13/04/19) malam seluruh atribut atau alat peraga kampanye yang terpasang dan terpajang di beberapa titik untuk segera dibersihkan. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

Wawali Ajak Rakyat Memilih

KOTAMOBAGU – Sehari jelang Pemilu serentak 2019 segala persiapan terus dilakukan bukan hanya Komisi Pemilihan …