Home / Berita / Data Pemilih Jadi Penentu

Data Pemilih Jadi Penentu

JAKARTA – Data pemilih merupakan bagian terpenting dari pelaksanaan pemilihan umum, termasuk pemilihan kepala daerah (pilkada).

Penegasan tersebut disampaikan Hadar Gumay, Komisioner KPU RI, saat memberikan materi Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data Pemilih (Mutahir) kepada Operator Sistem Data Pemilih (Sidalih) dan Komisioner KPU Provinsi/Kabupaten/Kota se-Indonesia yang membidangi data informasi, di Hotel Novotel Mangga Dua, Jakarta, Selasa (09/06/15).

Hadar menambahkan, mengingat pentingnya hal tersebut maka penyusunan dan pemutakhiran data pemilih harus dilakukan secara tepat dan baik. “Kita belajar dari pengalaman mengelola data pemilih pada Pemilu 2014 kemarin. Mudah-mudahan kesalahan yang kemarin tidak akan terulang lagi,” tegasnya.

Asep Sabar, Komisioner KPU Kotamobagu yang bertanggungjawab terhadap persoalan data pemilih bersama operator Sidalih, Yusril Kobandaha, yang mengikuti acara tersebut menjelaskan bahwa semua pihak penyelenggara bersepakat akan melakukan pekerjaan dengan cermat dan tepat.

“Sistem yang digunakan dalam Muralih sekarang lebih apik, rapih, terstruktur dan diprediksikan hanya sedikit kemungkinan munculnya persoalan-persoalan sebagaimana yang pernah terjadi selama ini.”

Sebelumnya, Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik, dan Ketua KPU Provinsi Sulawesi Utara, Yessy Momongan, mengharapkan kepada seluruh komisioner untuk bersama-sama fokus dalam mengelola daftar pemilih.

“Daftar pemilih itu harus akurat. Kesalahan saja penyusunan daftar pemilih berdampak pada seluruhnya. Karena itu tidak boleh diabaikan berbagai masukan terkait penyusunan daftar pemilih,” kata Yessy.

Hal yang tidak boleh diabaikan, sebagaimana dikatakan Husni Kamil Manik, adalah keberadaan operator Sidalih. “Mereka ujung tombak yang tidak boleh diabaikan keberadaanya. Karena itu para operator supaya bisa kerja maksimal harus mendapat perlakukan khusu di KPU masing-masing.” (**)

About Admin KPU KK

Check Also

Sosialisasi Melalui Lomba Tobelo

KOTAMOBAGU – Banyak cara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu melakukan sosialisasi dan membumikan Pemilu …

Leave a Reply