Home / Berita / Calon Perseorangan Jadi Rujukan

Calon Perseorangan Jadi Rujukan

BOLTIM – Pengalaman menyelenggarakan Pilkada Tahun 2018 yang diikuti oleh satu pasangan calon (paslon) dari jalur perseorangan ternyata menjadikan Kota Kotamobagu sebagai rujukan, bahkan nasional.
Karena itu KPU Kota Kotamobagu diundang di Rapat Terbatas membahas Review PKPU Terkait Pencalonan untuk Pilkada Serentak Tahun 2020, yang digelar oleh Divisi Teknis KPU RI di Hotel Ashley Jakarta, Jumat (20/09/19).
“Hanya enam provinsi, termasuk KPU Provinsi Sulawesi Utara, dan tujuh kabupaten/kota yang diundang oleh KPU RI untuk mengikuti acara ini,” kata Asep Sabar, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang membidangi Teknis Penyelenggaraan di sela-sela rapat.
Pada kesempatan tersebut, lanjut Asep, pihaknya (KPU Kota Kotamobagu, red) sudah menyampaikan secara gamblang dan panjang lebar terkait pelaksanaan Pilkada Tahun 2018 di Kota Kotamobagu.
“KPU Kota Kotamobagu diundang bersama KPU Provinsi Sulawesi Utara, sehingga kami berdua dengan ibu Yessy Momongan yang menyampaikan apa-apa yang terjadi selama Pilkada 2018 Kota Kotamobagu yang dianggap unik dan menarik kepada Ketua Divisi Teknis KPU RI; Evi Ginting Manik.”
Bahkan pada kesempatan tersebut beberapa hal untuk diperbaiki sudah direkomendasikan langsung oleh KPU Sulawesi Utara untuk dirubah pada Pilkada Tahun 2020 mendatang, diantaranya terkait dengan pendaftaran perseorangan serta dokumen-dokumen yang harus dimasukkan ke KPU saat memasukkan dokumen dukungan.
“Mudah-mudahan semuanya bisa diantisipasi, mengingat kejadian di Kota Kotamobagu pada Pilkada 2018 tidak ada payung hukumnya pasca putusan yang disampaikan oleh Panwaslu untuk melakukan verifikasi faktual ulang, termasuk ketika akan memasukkan data hasil ke sistem informasi pencalonan (silon). Jalan akhir yang kami lakukan waktu itu adalah berkoordinasi dengan provinsi dan KPU RI,” pungkas Asep kepada media ini. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

Pilkada Serentak 2020 Diresmikan

JAKARTA – Belokasi di Jakarta Convention Center (JCC), Senin (23/09/19), Pilkada Serentak Tahun 2020 diresmikan …