Home / Berita / Berharap PSU Lancar-lancar

Berharap PSU Lancar-lancar

KOTAMOBAGU – Anggota Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Utara, Salman Saelangi, berharap pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) yang akan digelar serentak se-Sulut pada 27 April mendatang berjalan lancar dan aman.
Pernyataan tersebut disampaikan saat memberikan materi pada Bimtek KPPS PSU yang digelar KPU Kota Kotamobagu pada Selasa (23/04/19) di Hotel Sutan Raja. “PSU bukan merupakan kelalaian, apalagi kegagalan KPPS dalam bekerja. KPPS sudah maksimal dalam melaksanakan tahapan pemungutan pada 17 April kemarin. Kalaupun ada yang keliru itu semata human error dan memang harus diperbaiki. Apalagi pengawas sudah memberikan rekomendasi untuk diulang, jadi harus dan wajib untuk ditindaklanjuti oleh KPU Kota Kotamobagu melaksanakan rekomendasi PSU.”
Salman yang membidangi parmas dan SDM itu mengaku salut dengan KPPS PSU di Kota Kotamobagu yang ternyata bukan wajah baru. “Ini merupakan salah satu wujud tanggungjawab KPPS dari TPS yang direkomendasi PSU, karena tidak ada yang mundur satu orangpun. Bahkan terlihat lebih bersemangat untuk mensukseskan pemilu susulan di lima TPS yang mendapat rekom pengawas.”
Karena itu Salman berharap PSU berjalan dengan baik, meski ada selentingan kabar tensi mulai meninggi.
“Tugas kita adalah melaksanakan rekomendasi tersebut dengan baik. Dan kalaupun nanti ada persoalan di lapangan segera berkoordinasi dengan PPK maupun KPU Kota Kotamobagu.”
Sebelumnya, anggota KPU Kota Kotamobagu yang membidangi teknis penyelenggara; Asep Sabar menjelaskan bahwa PPK Kotamobagu Barat dan PPK Kotamobagu Utara sudah mendapat rekomendasi PSU dari Panwascam Kotamobagu Barat dan Panwascam Kotamobagu Utara terkait dengan PSU di beberapa TPS.
Tercatat ada lima TPS yang sudah direkomendasi, yakni Kotamobagu Barat sebanyak empat TPS dan satu TPS di Kotamobagu Utara. Di Kotamobagu Barat adalah TPS 7 Kelurahan Mogolaing (PPWP, DPR, DPD, DPRD Provinsi), TPS 2 Kelurahan Mongkonai Barat (PPWP, DPR), TPS 5 Kelurahan Mongkonai Barat (PPWP, DPR, DPD), TPS 13 Keluarahan Gogagoman (PPWP) dan TPS 1 Upai (PPWP, DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota).
Hadir pada bimtek KPPS PSU tersebut empat komisioner KPU Kota Kotamobagu lainnya; Iwan Manoppo, Yokman Muhaling, Zulkifli Kadengkang, Adrian Herdi Dayoh, serta anggota PPS dari empat keluarahan, yakni Gogagoman, Mogolaing, Mongkonai Barat dan kelurahan Upai. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

Pemenang Pilpres 2019 Ditetapkan

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi menetapkan Calon Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) …