Home / Berita / Berharap Pemilu Aman Gugatan

Berharap Pemilu Aman Gugatan

KOTAMOBAGU – Sebanyak 99 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2019 menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) pemungutan dan penghitungan surat suara yang digelar oleh KPU Kota Kotamobagu, Rabu (07/03/19).
“Kegiatan ini merupakan rangkaian tahapan yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan yang sama sebelumnya dan diikuti oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada pekan lalu,” kata Asep Sabar, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang membidangi Teknis Penyelenggara.
Kepada PPS, Asep banyak memaparkan tentang proses persiapan, pemungutan suara hingga penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 17 April mendatang.
“Intinya PPS juga harus mengawal dan memonitoring apa yang akan dilaksanakan olek Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) nanti. Karena dalam regulasi ditegaskan bahwa PPS nantinya yang akan mem-bimtek KPPS.”
Selain itu, Asep berharap ada pengawalan yang super ketat dari PPS mulai dari persiapan TPS hingga pelaksanaan penghitungan nanti. “Banyak hal yang harus diperhatikan, termasuk pembuatan TPS dan jalannya pemungutan suara. Bahkan banyak hal yang berbeda dengan pemilu atau pilkada sebelumnya.”
Di bagian lain Komisioner KPU Kota Kotamobagu juga memberikan materi terkait divisinya masing-masing. Yokman Muhaling menyampaikan materi tentang pemutakhiran data pemilih, Herdi Dayoh terkait hukum dan aturan yang mengikat Pemilu 2019, serta Zulkifli Kadengkang tentang kesiapan pembentukan KPPS yang saat ini dikelola oleh PPS rekretmennya.
Bimtek yang digelar selama lebih dati tiga jam itu dibuka dan ditutup langsung oleh Ketua KPU Kota Kotamobagu, Iwan Manoppo. Dalam pengantar serta sambutan penutupannya Iwan berharap Pemilu Tahun 2019 di Kota Kotamobagu ini tidak ada gugatan.
“Untuk itu kuncinya adalah kerja seluruh penyelenggara mulai dari KPPS, PPS, PPK dan KPU secara berjenjang secara profesional, berintegritas dan netral. Bila itu yang dilakukan pasti pemilu akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Jangan lupa tetap berkoordinasi dengan Bawaslu bila ada persoalan-persoalan di lapangan.” (***)

About Admin KPU KK

Check Also

KPU KK Tuntaskan Pleno di Provinsi

MANADO – Forum pleno Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara tingkat Provinsi Sulawesi Utara akhirnya …