Home / Berita / Berharap Jadi yang Terbaik

Berharap Jadi yang Terbaik

KOTAMOBAGU – Gelaran Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Serentak Tahun 2019 di Kota Kotamobagu dinilai baik dari Simulasi yang digelar di Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara.
Penegasan tersebut disampaikan Yessy Momongan, Komisioner KPU Sulawesi Utara saat memonitoring pelaksanaan Simulasi Kota Kotamobagu yang dipusatkan di TPS 9 Kelurahan Matali, Kecamatan Kotamobagu Timur, Sabtu (23/03/19).
“Sejauh monitoring yang saya lakukan ke berbagai kabupaten/kota se-Sulawesi Utara Kota Kotamobagu sudah cukup baik dan maksimal,” tegasnya.
Karena itu Yessy berharap hasil dari simulasi ini akan menjadi spirit dan penyemangat para penyelenggaranya agar pada pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara tanggal 17 April 2019 nanti bisa lebih maksimal, baik, kondusif dan lancar.
“Kami berharap Kota Kotamobagu kembali menjadi yang terbaik sebagaimana pada pelaksanaan Pemilu Tahun 2014 lalu.”
Menurut Asep Sabar, Komisioner sekaligus penanggungjawab Simulasi Tingkat Kota Kotamobagu acara tersebut digelar untuk lebih memantapkan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan yang akan dilaksanakan pada 17 April mendatang.
“Yang pasti, ada banyak hal yang disoroti KPU Kota Kotamobagu dalam simulasi, diantaranya terkait estimasi waktu yang dibutuhkan bagi warga dalam memilih lima lembar surat suara (Presiden-Wapres, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota).”
Berikutnya adalah terkait dengan perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk penyelenggaran pemilihan. Misalnya, jika mengacu pada Pilkada 2018 proses pemungutan dilakukan sejak pukul 07.00 – 13.00 Wita, setelah itu dilakukan penghitungan hasil pemilihan bias sampai malam hari, bagaimana dengan Pemilu 2019 yang leima jenis pemilihan.
“Kami juga ingin memastikan berapa lama pemilih berada di TPS. Sehingga KPU Kota Kotamobagu bisa mengantisipasi kira-kira dari pukul 07.00 – 13.00 siang paling lama berapa orang per-TPS.”
Dan, yang lebih penting lagi, masih kata Asep, KPU Kota Kotamobagu ingin menguji kotak suara transparan yang akan digunakan dalam Pemilu Serentak 2019. “Karena dalam simulasi ini KPU Kota Kotamobagu membawa lima jenis kotak suara transaparan. Dengan dicoba langsung di simulasi maka kita bisa mengevaluasi kekurangan dan kelebihan lima jenis kotak suara tersebut.
Wakil Walikota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, turut hadir dan menyaksikan langsung jalannya simulasi di TPS 9 Matali tersebut. Menurutnya waktu yang dibutuhkan pemilih dalam memilih dengan lima surat suara bervariasi antara 3-5 menit.
“Intinya simulasi ini merupakan bagian dari sosialisasi dan ajakan KPU Kota Kotamobagu kepada para pemilih untuk menggunakan hak pilihnya pada tanggal 17 April 2019 mendatang,” kata Nayodo kepada media.
Nayodo bahkan sempat serius ketika mengamati kotak suara yang merupakan hal baru dalam proses pemilu sebagaimana dia pernah menjadi penyelenggara selama tiga periode beruturt-turut. Kata dia, mudah-mudahan dengan perubahan kotak suara dari alumunium ke yang sekarang ini akan lebih memberikan kemudahan bagi pemilih maupun penyelenggara.”
Hadir dalam acara simulasi yang dirangkaikan dengan sosialisasi pemilu tersebut selain Wakil Walikota, ada anggota DPRD Kota Kotamobagu, Ketua Bawaslu Kota Kotamobagu beserta Gakumdu-nya dan empat komisioner KPU Kota Kotamobagu lain; Iwan Manoppo, Yokman Muhaling, Zulkifli Kadengkang serta Adrian H. Dayoh. Berikutnya hadir pula para pengurus partai politik se-Kota Kotamobagu, PPS, PPK, Relawan Demokrasi dan masyarakat setempat. Yang menarik, simulasi yang dilakukan di Kota Kotamobagu dihadiri langsung saksi dari beberapa partai politik, meski mereka hadir nanti setelah proses pemungutan suara berjalan, diantaranya PDI Perjuangan, Hanura, PKB, Nasdem, PKPI, dan PBB.
Informasi yang diperoleh dari hasil akhir simulasi, dari 273 orang (268 orang + 2 persen) pemilih sebagaimana daftar pemilih, hanya 109 orang saja yang menggunakan hak politiknya. (***)

HASIL PENGHITUNGAN SURAT SUARA
SIMULASI DI TPS 9 KELURAHAN MATALI, KOTA KOTAMOBAGU
1. Pemilihan Presiden-Wakil Presiden
a. DPT 105
b. DPTb 4
c. DPK 0
d. Disabilitas 2
e. Jumlah 109
2. Pemilihan Anggota DPR RI
a. DPT 105
b. DPTb 2
c. DPK 0
d. Disabilitas 2
e. Jumlah 107
3. Pemilihan Anggota DPD RI
a. DPT 105
b. DPTb 2
c. DPK 0
d. Disabilitas 2
e. Jumlah 107
4. Pemilihan Anggota DPR PROVINSI
a. DPT 105
b. DPTb 2
c. DPK 0
d. Disabilitas 2
e. Jumlah 107
5. Pemilihan Anggota DPR KABUPATEN/KOTA
a. DPT 105
b. DPTb 2
c. DPK 0
d. Disabilitas 2
e. Jumlah 107
Sumber: KPU Kota Kotamobagu, 2019

About Admin KPU KK

Check Also

Penuhi DAB, KPU-Bawaslu KK Buka Kotak

KOTAMOBAGU – Dalam rangka mengumpulkan dokumen alat bukti untuk disampaikan pada perselisihan hasil pemilu (PHPU) …