Home / Berita / Bawaslu Awasi Tahapan LPSDK

Bawaslu Awasi Tahapan LPSDK

KOTAMOBAGU – Tepat hari Rabu (02/01/19) hari ini, KPU Kota Kotamobagu membuka kesempatan bagi para pengurus partai politik (parpol) Peserta Pemilu 2019 se-Kota Kotamobagu untuk memasukkan LPSDK-nya.
Adrian Herdi Dayoh, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang bertanggungjawab terhadap tahapan Laporan Dana Kampanye Pemilu Tahun 2019, menjelaskan bahwa Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye atau LPSDK adalah pembukuan yang memuat seluruh penerimaan yang diterima peserta pemilu setelah Laporan Awal Dana Kampanye (LADK).
“Laporan tersebut wajib dan harus dimasukkan ke KPU Kota Kotamobagu sebagaimana sudah diatur dalam PKPU Nomor 24, 29, 34 Tahun 2018 selambatnya hari ini. Penyampaian LPSDK disampaikan langsung oleh parpol peserta Pemilu Tahun 2019 mulai pukul 08.00 hingga 18.00 Wita,” jelas Herdi.
Herdi menambahkan, sesuai Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 yang ditindaklanjuti dengan PKPU Nomor 5 Tahun 2018 KPU Kota Kotamobagu membuka kesempatan kepada Parpol Peserta Pemilu 2019 untuk memasukkan dokumen LPSDK langsung ke Kantor KPU Kota Kotamobagu.
“Yang menarik, tahapan ini mendapat support, pendampingan dan pengawasan langsung dari Bawaslu Kota Kotamobagu. Tidak tanggung-tanggung dua personil Bawaslu Kota Kotamobagu turun langsung, mulai dari Divisi Pencegahan dan Hubla; Ivan Tandayu, sampai Ketua Bawaslu Kota Kotamobagu; Musly L. Mokoginta serta dua orang stafnya.”
Dalam penyampain LPSDK Pemilu 2019, parpol peserta pemilu 2019 se-Kota Kotamobagu dilayani langsung lima komisioner KPU Kota Kotamobagu bersama operator Sistem Informasi Dana Kampanye (Sidakam). Dan, setelah dilakukan pencermatan hasil penyampaian LPSDK Peserta Pemilu 2019 se-Kota Kotamobagu, KPU Kota Kotamobagu menyimpulkan;
1. Sebanyak 13 parpol memasukkan dokumen tepat waktu,
2. Sebanyak 2 parpol yakni PSI dan Berkarya, terlambat memasukkan dokumen,
3. Sementara 1 parpol yakni Partai Garuda, tidak memasukkan dokumen dengan alasan tidak ada calon anggota DPRD Kota Kotamobagu,
4. Untuk Tim Paslon Capres dan Cawapres, baik nomor urut 01 maupun 02, memasukkan dokumen LPSDK-nya tepat waktu.
“Untuk dua parpol yakni PSI dan BERKARYA yang terlambat memasukkan LPSDK dan Partai GARUDA diklarifikasi langsung oleh KPU Kota Kotamobagu yang disaksikan oleh Bawaslu Kota Kotamobagu,” pungkas Herdi yang juga mantan Pimpinan Panwaslu Kota Kotamobagu ini. (*)

About Admin KPU KK

Check Also

KPU KK Tuntaskan Pleno di Provinsi

MANADO – Forum pleno Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara tingkat Provinsi Sulawesi Utara akhirnya …