Home / Berita / 40 Orang Lipat 454.700 SS

40 Orang Lipat 454.700 SS

KOTAMOBAGU- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu terus melakukan persiapan menjelang pemilu 2019 nanti April. Persiapan yang dilakukan saat ini yakni melipat surat suarayang akan digunakan nanti.
“Pelipatan dan sortir surat suara (SS) Pemilu Tahun 2019 dimulai, disaksikan langsung oleh personil Bawaslu Kota Kotamobagu dan aparat keamanan dari Polres Kotamobagu sejak Rabu (07/03/2019),” ujar Iwan Manoppo Ketua KPU Kota Kotamobagu Minggu (10/03/2019).
Iwan mengatakan bahwa tahapan ini menjadi fokus dan perhatian tersendiri bagi KPU Kota Kotamobagu, karena kesalahan sedikit saja bisa berdampak pada hasil Pemilu mendatang.
Baca: Petugas Kebersihan Ditemukan Tak Bernyawa di Kantor KPU Kotamobagu, Polisi Dobrak Jendela
“Kami melibatkan semua elemen mulai dari Bawaslu hingga kepolisian untuk sama-sama mengawasi jalannya penyortiran dan pelipatan SS,” kata Iwan.
Iwan mengatakan saat ini ada sekitar 40 orang dari warga sekitar dan mahasiswa yang melakukan pelipatan surat suara.
Adapun jumlah surat suara yakni hasil pleno DPTHP-2:90.940+ 2 % x 5 jenis SS totalnya 454.700 surat suara.
“Targetnya tentu sampai selesai. Kepada yang sudah datang untuk melipat surat suara kami sampaikan
terima kasih atas kerjasama dan keterlibatannya. Ini juga sangat membantu dalam mensukseskan pemilu 2019,” ujar Iwan.
Sebelumnya Pimpinan Bawaslu Kota Kotamobagu, Ivan Tandayu, sempat mengingatkan agar apa yang pernah terjadi di Pemilu 2014, dimana SS sempat tertukar antar tempat pemungutan suara (TPS) tidak terjadi lagi. “Jadi memang harus pengawasan berlapis supaya tidak salah lagi,” ujar dia.
Kegiatan penyortiran dan pelipatan SS Pemilu 2019 ini diawali dengan pembukaan kardus yang berisi SS oleh Komisioner KPU Kota Kotamobagu disaksikan Pimpinan Bawaslu dan kepolisian.
Sebelumnya juga mengawali kegiatan Asep Sabar, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang membidangi teknis sempat memperagakan cara-cara pelipatan yang benar kepada para petugas yang sejak pagi sudah hadir di kantor KPU Kota Kotamobagu.
“Sebelum dilipat tolong diperiksa dulu kondisi SS, mulai dari gambar, kolom-kolom, maupun nama calon untuk semua pemilu, mulai dari pilpres sampai pada pileg. Jika ada hal yang meragukan langsun disampaikan ke pengawas atau KPU Kota Kotamobagu. Hindari jangan sampai ada yang dengan sengaja merusak, ini akan berdampak hukum bagi pelakunya,” ujar Asep. (dik)

sumber www.manado.tribunnews.com

About Admin KPU KK

Check Also

Pekan Ini Sortir dan Peliptan Kertas Suara Tuntas

KOTAMOBAGU – Penyortiran dan pelipatan kertas suara di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu …